Jumat 19 Maret 2021, 13:10 WIB

Jokowi Ajak ASEAN Bahas Krisis di Myanmar

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Jokowi Ajak ASEAN Bahas Krisis di Myanmar

AFP
Situasi sebuah jalan utama yang dibarikade pendemo, di Yangon, Myanmar, Jumat (19/3).

 

PRESIDEN Joko Widodo menyampaikan sikapnya terkait krisis di Myanmar yang sudah terjadi beberapa waktu terakhir ini. Indonesia mendesak kekerasan yang terjadi di Myanmar untuk segera dihentikan agar tidak lagi menelan korban jiwa.

"Indonesia mendesak agar penggunaan kekerasan di Myanmar segera dihentikan sehingga tidak ada lagi korban berjatuhan. Keselamatan dan kesejahteraan rakyat harus menjadi prioritas utama," ucap Jokowi menyampaikan pernyataannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (19/3).

Kepala Negara menyatakan Indonesia juga mendesak dilakukan dialog agar rekonsiliasi segera bisa dilakukan untuk memulihkan demokrasi, perdamaian, dan stabilitas di Myanmar.

Untuk mendorong hal itu, peran ASEAN amat dibutuhkan. Jokowi menambahkan bakal meminta ASEAN untuk segera menggelar pertemuan membahas krisis di Myanmar itu.

"Saya akan segera melakukan pembicaraan dengan Sultan Brunei Darussalam sebagai Ketua ASEAN agar segera dimungkinkannya diselenggarakan pertemuan tingkat tinggi ASEAN yang membahas krisis di Myanmar," tandas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengungkapkan simpatinya kepada korban kekerasan di Myanmar. Presiden menyampaikan duka cita mendalam dari rakyat Indonesia kepada warga Myanmar yang menjadi korban kekerasan akibat krisis yang terjadi.

"Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita dan simpati yang mendalam kepada korban dan keluarga korban akibat penggunaan kekerasan di Myanmar," tutur Jokowi.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecamterus bertambahnya angka kematian di Myanmar akibat keagresifan aparat. Kantor Hak Asasi Manusia PBB mengungkapkan bahwa sekitar 149 orang telah tewas, termasuk lima orang dalam tahanan, sejak kudeta militer 1 Februari. Catatan Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) lebih banyak lagi, yakni 180 nyawa terenggut. (P-2)

Baca Juga

Medcom/Candra Yuri Nuralam

Boyamin Saiman Datang ke KPK Bawa Dokumen PT Bumi Rejo ke KPK

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:01 WIB
Boyamin terlihat menyambangin markas KPK sekitar pukul 10.29 WIB. Dia mengaku membawa dokumen terkait PT Bumi...
dok.pribadi

Kelompok Milenial Kritisi Kunjungan Rombongan La Nyalla Ke Arab Saudi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:25 WIB
KUNJUNGAN Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti beserta delegasi DPD RI ke Arab Saudi dinilai sebagai agenda yang tidak...
MI/ADAM DWI

KPK Pastikan akan Panggil Pegawai Alfamidi Ambon Sebagai Tersangka

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:59 WIB
Richard diduga mematok Rp25 juta kepada Amri untuk menyetujui dan menerbitkan dokumen izin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya