Rabu 17 Februari 2021, 19:27 WIB

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Dino Patti Djalal Dilaporkan ke Pori

Yakub Pryatama Wijayaatmadja | Politik dan Hukum
Dugaan Pencemaran Nama Baik, Dino Patti Djalal Dilaporkan ke Pori

MI/Susanto
Eks Waki Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal

 

EKS Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal dilaporkan oleh Fredy Kusnadi terkait adanya dugaan pencemaran nama baik ke Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (17/2). 

Kuasa Hukum Fredy Kusnadi, Tonin Tachta Singarimbun menuturkan, pencemaran nama baik tersebut berkaitan dengan unggahan Instagram pribadi Dino Patti Djalal soal tudingan kliennya sebagai dalang mafia tanah. 

"Di IG ditampilkan seorang perempuan duduk di lantai dan dia disuruh nangis-nangis sedangkan dia duduk di atas. Dipropaganda sedemikian rupa dengan kalimat-kalimat yang mengatakan bahwa Fredy ini seperti yang dikatakan," papar Tonin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (17/2). 

Seperti diketahui, laporan itu diterima dengan nomor LP/B/0116/II/2021/Bareskrim tertanggal 17 Februari 2021. 

Tonin melaporkan Dino Patti Djalal atas dugaan pelanggaran pasal 45A Ayat 3 Jo 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2016 tentang ITE. 

Baca juga : Soal UU ITE, Kapolri akan Terbitkan STR Khusus Penyidik

"Padahal kami minta dua, ada pasal 45 juga ayat 2. tapi tidak apa apalah ini pembelajaran saja. Karena dia dirugikan, dikatakan Bapak Kapolri yang boleh melaporkan adalah yang dirugikan korbannya. Kan korbannya dia," ungkapnya. 

Sebelumnya, Fredy juga menyampaikan pihaknya telah membuat dua laporan terhadap Dino Patti Djalal. Satu laporan lagi terdaftar di Polda Metro Jaya. 

"Kalau laporan sudah kami buat dua, artinya harus berjalan, polisi kan harus profesional kalau laporan ya harus jalan. Artinya kita tunggu kapan ditetapkannya sebagai tersangka. Yang dilaporkannya ngoceh-ngoceh di tweet, yang kemarin ngoceh-ngoceh juga berprilaku berlakon seperti artis di dalam video," pungkasnya. 

Adapun Fredy dan kuasa hukumnya membawa alat bukti berupa tangkapan layar dan rekaman suara yang terkait dengan unggahan Dino Patti Djalal di akun Instagramnya. 

Dino Patti Djalal dilaporkan atas dugaan pelanggaran pasal 45A Ayat 3 Jo 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2016 tentang ITE. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

KPK Lantik 43 Pejabat Fungsional Baru

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:07 WIB
Pelantikan dipimpin Sekretaris Jenderal KPK Cahya H...
dok.humas

34 DPD Meminta Haris Pertama jadi Ketua Umum DPP KNPI Periode Kedua 2022-2025

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 18:50 WIB
KONGRES Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke XVI di Kota Ternate, Maluku Utara, kini sudah memasuk hari...
Antara

Bawaslu Harus Transparan Soal Rekrutmen Anggota Tim Seleksi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 19 Mei 2022, 18:44 WIB
Perlu adanya keterbukaan terkait pedoman rekrutmen Timsel Bawaslu. Dalam hal ini, alat ukur mikro dan makro terkait pengambilan keputusan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya