Selasa 05 Januari 2021, 17:37 WIB

Antisipasi Segala Kemungkinan, Polisi Pantau Abu Bakar Baasyir

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Antisipasi Segala Kemungkinan, Polisi Pantau Abu Bakar Baasyir

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Abu Bakar Baasyir (tengah).

 

POLISI akan tetap memantau pergerakan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir yang bebas pada Jumat (8/1) mendatang. Ini untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

"Prinsip kerja Polri adalah tidak boleh under estimate. Itu yang digunakan situasi apapun akan dinilai, situasi apapun diidentifikasi dan diprediksi hal-hal yang mungkin akan muncul. Setelah muncul prediksi tersebut dipersiapkan cara-cara bertindak yang tepat, termasuk juga menjelang kebebasan dari ABB," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/1).

Rusdi mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan saat Baasyir menghirup udara bebas nanti. Pihaknya telah menyiapkan strategi agar pengamanan berjalan tertib dan damai.

"Sekali lagi polisi tidak under estimate. Segala sesuatunya dipersiapkan secara matang," kata Rusdi.

Sebelumnya, Abu Bakar Baasyir bakal menghirup udara bebas pada akhir pekan ini. Tokoh pendiri Pondok Pesantren Al Mumin ini bebas murni setelah menjalani pidana di LP Khusus Kelas IIA Gunung Sindur selama 15 tahun.

"Bahwa yang bersangkutan akan dibebaskan pada 8 Januari 2020 sesuai dengan tanggal ekspirasi atau berakhirnya masa pidana," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti dalam keterangan persnya.

Baasyir divonis penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 16 Juni 2011 dengan hukuman 15 tahun penjara. Baasyir terbukti terlibat dalam tindak pidana terorisme. Ia terbukti merencanakan dan menggalang dana untuk pembiayaan pelatihan militer di Aceh. (Faj)

Baca Juga

MI/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 04:38 WIB
Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan penghormatan tertinggi bagi 10.257 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Ini Susunan Upacara 17 Agustus di Istana Negara Hari Ini 

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 04:15 WIB
Upacara itu akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko...
Medcom.id/Siti Yona

Deolipa Laporkan Kuasa Hukum Bharada E Terkait Pencemaran Nama Baik

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 03:59 WIB
Menurut Deolipa, nama baiknya dicemarkan Ronny lantaran dituduh kebanyakan 'manggung' sehingga membuat Bharada E tidak tenang, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya