Rabu 04 November 2020, 07:17 WIB

13 Lubang Bekas Peluru Ditemukan di TKP Tewasnya Pendeta Yeremia

Kautsar Bobi | Politik dan Hukum
13 Lubang Bekas Peluru Ditemukan di TKP Tewasnya Pendeta Yeremia

ilustrasi
penembakan

 

KAROPENMAS Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono mengungkapkan pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus penembakan pendeta Yeremia Zanambani di Distrik Hitadipa, Intan Jaya, Papua. Dari olah TKP tersebut, ditemukan belasan lubang bekas peluru di sekitar jasad korban.

"Dari penomerannya (TKP) sekitar 13 ya bekasnya lubang-lubang tembakan itu," ujar Awi Setiyono dalam konferensi pers di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Selasa (3/11).

Belasan bekas peluru tersebut termasuk yang ada di tubuh korban. Namun tidak dijelaskan secara pasti jumlah bekas peluru itu yang diduga membuat Yeremia tewas bersimbah darah.

Selain itu, polisi hanya menemukan satu proyektil peluru yang ada di TKP. Proyektil itu kemudian didalami lebih lanjut melalui uji balistik.

"Iya itu (uji balistik) masih proses. Yang kita temukan sementara (satu proyektil)," jelasnya.

Baca juga: Investigasi Pendeta Yeremia, Polda Papua Periksa 24 Saksi

Awi menyebut seluruh bukti-bukti pendukung yang ada di TKP akan menjadi awal bagi polisi untuk melakukan pengembangan kasus tersebut. Termasuk untuk mengetahui penyebab kematian Yeremia.

"Nanti kita lihat apa itu (peluru) masuk ke tubuh almarhum. Semua kan harus di adegan rekontruksi," tuturnya.

Hasil investigasi TGPF kasus penembakan di Intan Jaya, Papua, menyebutkan penembakan yang menewaskan Pendeta Yeremia Zanambani diduga dilakukan aparat keamanan. Pemerintah bakal menyelesaikan kasus itu sesuai hukum yang berlaku.

"Informasi dan fakta yang dikumpulkan di lapangan menunjukkan dugaan keterlibatan aparat. Walaupun ada juga kemungkinan dilakukan pihak ketiga," kata Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Kamis, 22 Oktober 2020.(OL-5)

Baca Juga

MI/Moh Irfan

Komisi Kejaksaan akan Lanjuti Laporan ICW soal Penyidik Pinangki

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 10:37 WIB
Komisi Kejaksaan masih menunggu putusan pengadilan berkaitan dengan esensi pelaporan ICW terkait dugaan pelanggaran kode etik yang...
MI/MOHAMAD IRFAN

Berikut Tahanpan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri

👤Cindy Aang 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 05:40 WIB
Arsul Sani mengatakan rangkaian tahapan fit and proper test calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo telah digelar sejak Kamis,...
Medcom.id

Pemerintah Didesak Tetapkan OPM Sebagai Teroris

👤Arga sumantri 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 04:15 WIB
Tindakan OPM berseberangan dengan sikap pemerintah. OPM melakukan perlawanan untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka apabila Papua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya