Jumat 31 Juli 2020, 20:52 WIB

Malam Ini Polri Serahkan Joko Tjandra ke Kejagung

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Malam Ini Polri Serahkan Joko Tjandra ke Kejagung

MI/ MI/Fransisco Carollio
Joko Tjandra

 

BARESKRIM Polri bakal menyerahkan terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali Joko Soegiarto Tjandra ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Eksekusi Djoko Tjandra merupakan wewenang Korps Adhyaksa.  

"Iya malam ini pukul 21.00 WIB, tunggu saja di Bareskrim," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, (31/7).

Awi menuturkan penyerahan Joko Tjandra bakal disaksikan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo. Djoko telah menjalani swab test covid-19 sebelum diserahkan.

"Hasilnya negatif, itu hasil dari swab," ujar Awi.

Joko Tjandra ditangkap di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis, 30 Juli 2020. Dia dijemput langsung Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo

Joko Tjandra pernah ditahan Korps Adhyaksa pada 29 September 1999 hingga Agustus 2000. Namun dalam persidangan, hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memutuskan Djoko bebas dari tuntutan.

Pengadilan menganggap kasus ini bukan perkara pidana, melainkan perdata. Kejaksaan mengajukan peninjauan kembali (PK) terhadap vonis Djoko ke Mahkamah Agung (MA) pada Oktober 2008. MA memvonis Djoko dua tahun penjara dan denda Rp15 juta.

Uang milik Djoko di Bank Bali Rp546,166 miliar dirampas negara. Imigrasi juga mencegah Djoko.

Namun, Djoko kabur dari Indonesia ke Port Moresby, Papua Nugini, pada 10 Juni 2009 atau sehari sebelum MA mengeluarkan putusan. Kejaksaan kemudian menetapkan Djoko sebagai buronan. (OL-8).


 

Baca Juga

Antara

Polisi Didesak Tindak Aksi Rasisme Terhadap Natalius Pigai

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:24 WIB
Sebelumnya pemilik akun Facebook Ambroncius Nababan, memuat unggahan bernada rasis terhadap...
Ilustrasi

KPK Telusuri Kasus Bansos Berdasarkan Bukti

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:18 WIB
"Terkait materi penyidikan tidak bisa kami sampaikan kepada masyarakat secara detail, nanti pada waktunya akan dibuka di depan...
Antara

Eks Direktur Teknik Garuda Hadinoto Didakwa Terima Suap

👤Candra Yuri Nursalam 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:14 WIB
Eks Direktur Teknik Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno didakwa terima suap dan pencucian uang dalam pengadaan pesawat dan mesin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya