Selasa 21 Juli 2020, 17:57 WIB

Soal Foto Ketua MA dan Pengacara Joko Tjandra, Ini kata Jubir MA

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Soal Foto Ketua MA dan Pengacara Joko Tjandra, Ini kata Jubir MA

MI/Susanto
Juru bicara MA Andi Samsan Nganro

 

MAHKAMAH Agung (MA) membantah tudingan adanya kedekatan Ketua MA Muhammad Syarifuddin dengan buronan kasus hak tagih Bank Bali Joko Tjandra. Tudingan itu muncul dan menjadi sorotan lantaran beredarnya foto Syarifuddin bersama pengacara Joko, Anita Kolopaking.

Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro menyatakan pertemuan tersebut merupakan silaturahmi biasa dan tidak membicarakan apapun terkait perkara.

"Ibu Anita datang bersama-sama dengan tamu lainnya silaturahmi Lebaran, masa bicara perkara," ucap Andi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (21/7).

Ia menjelaskan foto Ketua MA dan pengacara Joko Tjandra itu diambil saat perayaan Idul Fitri beberapa waktu lalu. Saat itu, tutur Andi, lantaran tamu-tamu lain meminta Ketua MA untuk berfoto, Anita Kolopaking dan suaminya juga turut ikut berfoto bersama.

Baca juga : Dua Minggu Usai Pengacara Foto Bareng Ketua MA, Joker Daftar PK

Meski membenarkan soal foto itu, Andi menampik tudingan adanya kedekatan Syarifuddin dengan Anita Kolopaking. Ia juga membantah adanya tuduhan kedekatan dengan Joko Tjandra.

"Yang berfoto kan kuasa hukum Joko Tjandra dengan Pak Syarifuddin. Tidak bisa lantas ditarik kesimpulan adanya kedekatan Joko Tjandra dengan Pak Syarifuddin," ujar Andi.

Joko Tjandra kini tengah menempuh upaya Peninjauan Kembali (PK) atas kasusnya. Ia divonis dua tahun penjara lantaran melakukan tindak pidana korupsi dalam kasus Bank Bali.

Pria yang dijuluki Joker itu kemudian mendaftarkan PK pada 8 Juni lalu. Kehadirannya secara langsung untuk mengurus pengajuan PK menghebohkan publik lantaran ia masih berstatus buron. Adapun sidang PK Joko sudah berjalan di Pengadilan Jakarta Selatan. Ia sudah dipanggil pengadilan tiga kali untuk hadir dalam persidangan namun tidak menghadirinya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/M Agung Rajasa

Soal Ganja untuk Medis, Indonesia Halal Watch Tegaskan Berpatokan ke UU No 35 Tahun 2009

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:51 WIB
"UU No 35 Tahun 2009 dengan jelas menyatakan bahwa ganja boleh dipergunakan untuk kepentingan  kesehatan, penelitian, pendidkan,...
Medcom

Klaim Didukung Rakyat Tanda Bakal Calon Presiden Miskin Prestasi 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 07:41 WIB
Deklarasi terhadap capres menunjukan gagasan dangkal yang disuguhkan kepada rakyat. Capres tidak perlu repot menebar citra mendapatkan...
ANTARA

Penerima Dana Kasus Suap Izin Tambang Bisa Dijerat TPPU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 07:25 WIB
Abdul Fickar Hadjar melanjutkan, pihak penerima uang atau dana dapat dijerat TPPU jika penerima mengetahui atau setidaknya dapat menduga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya