Selasa 21 Juli 2020, 16:51 WIB

Pimpinan DPR Cari Jalan Tengah Soal Joko Tjandra di Komisi III

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
 Pimpinan DPR Cari Jalan Tengah Soal Joko Tjandra di Komisi III

ANTARA/GALIH PRADIPTA
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (tengah)

 

WAKIL Ketua DPR, Sufmi Dasco, mengatakan pimpinan DPR akan mencari jalan tengah untuk menyelesaikan protes Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) terkait rapat soal Joko Tjandra di Komisi III DPR.

“Komisi III ini tujuannya baik, tapi kemudian ada tata tertib yang sudah diketok di Badan Musyawarah (Bamus) dan disepakati oleh teman-teman pimpinan fraksi yang juga perwakilan dari komisi-komisi di DPR,” ujar Dasco, di gedung DPR, Jakarta, Selasa, (21/7).

Dasco mengatakan, agar tidak ada prasangka buruk dari masyarakat, khusunya setelah ada laporan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), pimpinan DPR akan coba merumuskan langkah yang bisa mengakomodasi keinginan Komisi III untuk melakukan rapat terkait Joko Tjandra di masa reses. Namun, tanpa ada pelanggaran tata tertib yang dilakukan.

“Soal dugaan supaya tidak ada rapat atau pendalaman soal Joko Tjandra itu adalah dugaan yang tidak benar. Pimpinan DPR akan mencari jalan keluar untuk masalah ini sehingga tidak ada prasangka-prasangka buruk. Seperti apa nanti akan kita pikirkan dulu, mungkin dalam sat dua hari akan bisa diketahui,” ujar Dasco.

Baca juga: Pimpinan DPR Larang RDP Bahas Joko Tjandra, Komisi III: Mendesak

Sebelumnya, MAKI melaporkan Azis Syamsuddin ke MKD DPR terkait pelarangan rapat Komisi III dengan Polri, Kejaksaan, dan Imigrasi terkait kasus Joko Tjandra di masa reses. MAKI menduga bahwa Azis memiliki kepentingan dengan kasus tersebut sehingga melakukan pelarangan.

Namun, Azis menegaskan bahwa pelarangan dilakukan karena sesuai tata tertib DPR dan putusan Bamus,ditetapkan bahwa tidak boleh ada rapat di tengah masa reses. (A-2)

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR: Tiga DOB Papua Reduksi Kecemburuan Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:32 WIB
Pembentukan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua akan dapat mereduksi kecemburuan sosial yang berujung sebagai pemicu konflik yang...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Soal Kasus Brigadir J: Sikap Presiden Masih Sama, Ungkap Secara Transparan

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:11 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa sikap Presiden Joko Widodo atas kasus Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat tetap...
MI

KPU: Pencatutan Identitas Urusan Individual

👤Yakub Pryatama W 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:25 WIB
"Persoalan pencatutan NIK itu urusan individual. Kami fungsinya administratif. Kami menerima dokumen parpol yang juga ada pernyataan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya