Selasa 14 Juli 2020, 17:20 WIB

Soal Pembubaran Lembaga, Moeldoko Sebut BRG dan Komnas Lansia

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Soal Pembubaran Lembaga, Moeldoko Sebut BRG dan Komnas Lansia

antara
kebakaran lahan gambut

 

Badan Restorasi Gambut (BRG) disebutkan masuk ke dalam daftar 18 lembaga negara yang akan dievaluasi pemerintah. Kepala Staf Presiden Moeldoko menyatakan rencana pembubaran akan menyasar pada lembaga-lembaga yang dipayungi Peraturan Presiden (Perpres) ataupun Peraturan Pemerintah (PP).

"Misalnya BRG, sementara ini perannya cukup bagus dalam ikut menangani restorasi gambut. Tapi akan dilihat BRG itu dari sisi kebakaran (gambut) apakah cukup ditangani BNPB. Dari sisi optimalisasi gambut untuk pertanian apakah cukup oleh Kementerian Pertanian," ucap Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (14/7).

Baca juga: Moeldoko Pastikan OJK tidak Dibubarkan

Moeldoko mengatakan langkah mengefisienkan lembaga negara itu kini tengah dikaji Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain BRG, Moeldoko juga menyebut lembaga Komisi Nasional Lanjut Usia (Komnas Lansia) dan badan-badan yang mengurusi akreditasi keolahragaan. Kemungkinan, ucap Moeldoko, lembaga-lembaga tersebut fungsinya akan dilebur ke kementerian terkait.

"Adakah sebenarnya organisasi itu bisa diperankan oleh sektor lain yang sangat dekat dengan tupoksi sebuah lembaga kementerian. Kalau itu masih bisa ditangani kira-kira perlu dipertimbangkan," ucap Moeldoko.

Baca juga: Moeldoko Ungkap Sejumlah Lembaga yang Akan Dibubarkan

Terkait BRG, lembaga yang mengurusi pemulihan gambut itu dibentuk melalui Perpres Nomor 1 Tahun 2016. Dalam beleid tersebut, mandat BRG melaksanakan tugas ialah selama lima tahun dan akan berakhir pada 31 Desember 2020. (P-5)

Baca Juga

dok.ist

Stafsus Wapres Minta Kasus Titan jadi Perhatian Serius Penegak Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:20 WIB
KASUS penyalahgunaan kredit PT Titan Infra Energy di Bank Mandiri serta sindikasi bank lainnya harus menjadi perhatian serius Aparat...
Dok.MI

Sekjen Gerindra: Ucapan Terima Kasih di Politik Mulai Hilang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:08 WIB
Dia mengatakan, dalam tradisi politik Indonesia, terimakasih adalah suatu yang langka dan jarang dijumpai sehingga menjadi suatu hal yang...
ADEK BERRY / AFP

Pengunjung Mulai Padati JIS, Hadiri Malam Puncak HUT Jakarta

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:10 WIB
Masyarakat mulai mendatangi Jakarta International Stadium (JIS) untuk merayakan malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya