Kamis 09 Juli 2020, 06:24 WIB

96 Lembaga dan Komisi akan Dibubarkan

Uta/Medcom/P-5 | Politik dan Hukum
96 Lembaga dan Komisi akan Dibubarkan

MI/Andri Widiyanto
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan Rebiro) Tjahjo Kumolo

 

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan Rebiro) Tjahjo Kumolo menyeleksi 96 lembaga/komisi yang akan dibubarkan.

“Semua sedang diinventarisasi dikoordinasikan kepada Kementerian dan Sekretariat Negara, (saya) belum menunjuk komisi atau lembaga apa (yang akan dibubarkan),” kata Tjahjo, kemarin.

Tjahjo juga meminta bantuan Istana. Dia belum bisa membeberkan mana saja lembaga/komisi yang akan ditiadakan, termasuk kabar pembubaran Komisi Kejaksaan (Komjak).

Dia mengaku diberi mandat Presiden Joko Widodo mencermati lembaga/komisi yang tidak bekerja maksimal. Nantinya, lembaga/komisi itu akan diusulkan ke Presiden untuk dibubarkan.

Menurut Tjahjo, ada 24 lembaga/komisi yang telah dibubarkan. Awalnya, ada 120 lembaga/komisi yang dibentuk berdasarkan keputusan undang-undang, pemerintah, ataupun presiden.

Sebelumnya, Wakil Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Daulay menyebut beberapa lembaga/ komisi layak dibubarkan, di antaranya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komjak. Sementara itu, lembaga yang harus dipertahankan ialah Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Nasional (Komnas) HAM, dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Saleh dinilai tak paham upaya Kompolnas mengawal reformasi Polri. “Tetapi beliau langsung membuat statement yang keliru,” ucap Komisioner Kompolnas Poengky Indarti, kemarin.

Seperti Daulay, pengamat politik Ujang Komarudin menilai Komjak pantas dibubarkan. Ujang menilai kinerja Komjak tak terlihat, lamban, dan pengawasan terhadap jaksa masih lemah.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Kemenpan dan Rebiro mengevaluasi kinerja 96 lembaga negara yang akan dibubarkan sehingga ada parameter yang cukup untuk membubarkan atau melebur dengan lembaga lain. Ia juga meminta Kemenpan dan Rebiro mempertimbangkan nasib pegawai yang bekerja di 96 lembaga tersebut. (Uta/Medcom/P-5)

Baca Juga

dok.ant

KPU: PAN dan PKB Belum Daftar Sipol

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 28 Juni 2022, 07:55 WIB
KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menyatakan parpol yang berada di parlemen tapi belum mendaftar dan terintegrasi Sistem Informasi Partai Politik...
Biro Pers Setpres

Pengamat: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Angkat Indonesia di Mata Dunia

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:53 WIB
Menurutnya, politik bebas aktif menjadi satu alasan kunci Jokowi bisa melakukan kunjungan ke dua...
Dok pribadi

Pengguna Platform LUNA Tuntut Pencairan Rekening

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:35 WIB
SALAH satu pengguna platform LUNA dari PT Indodax Nasional Indonesia, Munawar Chalid, mengungkapkan kisah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya