Selasa 07 Juli 2020, 22:14 WIB

Lebih dari 22 Triliun Disiapkan Pemerintah untuk Digitalisasi

Lebih dari 22 Triliun Disiapkan Pemerintah untuk Digitalisasi

MI/Briyan B Hendro
Ilustrasi

 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran lebih dari Rp22 triliun untuk pengembangan teknologi digital dalam layanan pemerintahan, mulai dari reformasi birokrasi, penyampaian program sosial hingga pendidikan.

"Pemerintah akan menyediakan dana sekitar Rp22 triliun lebih supaya itu (teknologi, red.) nanti sampai pelosok, dan itu bisa digunakan untuk layanan pemerintahan, birokrasi, sosial, dan lain-lain, terutama juga untuk pendidikan," kata Ma’ruf Amin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (7/7).

Pengembangan teknologi digital, lanjut Ma’ruf, menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah untuk menunjang perbaikan pelayanan publik, terutama pendidikan. "Pemerintah terus berusaha untuk memajukan pendidikan dengan penggunaan teknologi yang mutakhir dan mengikuti perkembangan zaman," katanya.

Selain itu, dengan menguasai dan memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan, maka dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan global. "Jadi, memang pendidikan (digital) harus dimulai untuk melahirkan tenaga kerja yang siap. Ke depan, salah satu upaya dalam reformasi birokrasi adalah layanan digital, birokrasi digital, pemimpin digital, pokoknya semuanya serba digital," katanya.

Wapres mengatakan sistem pendidikan berbasis digital juga dapat meminimalkan kesenjangan dan menciptakan pemerataan hak untuk mendapatkan akses pendidikan bagi masyarakat.

Sistem pendidikan berbasis digital diharapkan mampu mewujudkan pemerataan pendidikan di seluruh daerah serta dapat menghilangkan kesenjangan perbedaan tingkat pendidikan di masyarakat. "Dengan digital mungkin juga bisa menghilangkan kesenjangan. Saya kira ini suatu upaya yang luar biasa dan sebagai suatu terobosan dan dampaknya akan mendorong pendidikan tinggi yang lain juga," ujarnya. (OL-12)

 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

KPK Selisik Rekomendasi Tambak Lobster di Kabupaten Kaur Bengkulu

👤¬†Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 19 Januari 2021, 13:49 WIB
KPK terus memeriksa sejumlah saksi dalam kasus ekspor benih lobster yang menjerat eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

KPK Panggil Istri Nurhadi Lagi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 19 Januari 2021, 13:44 WIB
Selain Tin, penyidik komisi juga memanggil Ketua RW 08 Grogol Selatan Francesco Xavier Kolly Mally sebagai...
AFP

MPR Usulkan Wartawan Masuk Kelompok Prioritas Vaksinasi

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 19 Januari 2021, 13:43 WIB
Wakil Ketua MPR RI Rerie L. Moerdijat mengungkapkan bahwa MRI RI telah mengusulkan kepada pemerintah untuk menjadikan wartawan sebagai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya