Rabu 01 Juli 2020, 18:25 WIB

Lemkapi Nilai Tantangan Polri Semakin Berat

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Lemkapi Nilai Tantangan Polri Semakin Berat

MI/HERI SUSETYO
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan

 

LEMBAGA Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai tanggung jawab dan tantangan Polri ke depannya bakal lebih berat.
Hal itu diungkapkan di Hari Bhayangkara ke-74, Rabu (1/7).
 
“Memang kalau kita lihat tugas berat polisi, kita sadar bahwa tugas Polri itu semakin besar. Tantangan Polri akan semakin berat karena memang tugas yang akan dihadapi Polri hampir di segala sisi. Semua kehidupan masyarakat bersinggungan dengan polisi,” tutur Direktur eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan, kepada Media Indonesia, Rabu (1/7).

Menurutnya, seluruh sisi kehidupan masyarakat tidak bisa lepas dari tugas polisi sebagai pelindung masyarakat. Apalagi di tengah adanya pandemi covid-19, Edi menganggap peran Polri sangat dibutuhkan.

Guna menjawab tantangan tersebut, Edi menilai Polri harus meningkatkan kinerja jajarannya. Mereka harus siap kerja keras agar kinerja maksimal dalam melayani publik. 

“Pokoknya Polri harus siap 24 jam dibutuhkan masyarakat, untuk memenuhi harapan masyarakat, yang saat ini semakin kritis,” tuturnya.

Adanya kasus hak asasi manusia (HAM) yang masih macet pada proses hukumnya juga menjadi peringatan terhadap Polri untuk meningkatkan profesionalitas dalam menghadapi suatu kasus. “Sepanjang ada laporan, ada pelanggaran HAM, kalau ada indikasi HAM ya dilaporkan,” ungkapnya.

Selain itu, Edi menyebut Polri banyak dipuji dalam penegakan hukum yang profesional dalam bidang pemberantasan premanisme, narkoba, terorisme, dan kejahatan transnasional lainnya. Namun demikian, kinerja di bidang-bidang itu masih bisa ditingkatkan lagi.

“Untuk itu, dibutuhkan semangat dan kinerja yang semakin profesional, moderen supaya semakin dipercaya oleh masyarakat,” tegasnya. (P-2)

Baca Juga

Dok. Kemendagri

Kemendagri Apresiasi Tertib Penggunaan Banpol Oleh Parpol

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 21 Juni 2021, 22:34 WIB
“Selama 15 tahun terakhir, tidak ada masalah dengan penyalurannya. Tata kelola untuk administrasi SPJ DPP Partai Demokrat adalah...
dok TNI AL

Bocah Terapung di Laut Diberi Tabungan dan Sepeda

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:31 WIB
TNI Angkatan Laut memberikan apresiasi kepada Ridho Ilhami, bocah yang mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam di tengah laut ketika jatuh...
DOK MI

Legislator PDIP Disebut Atur Bansos

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 21 Juni 2021, 19:45 WIB
Untuk memuluskan permintaan proyek bansos oleh rekannya, anggota DPR RI Fraksi PDIP Ihsan Yunus pun sempat menemui Juliari Peter...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya