Senin 27 April 2020, 08:10 WIB

Pindad dan DI Perkuat Perang Melawan Korona

CAHYA MULYANA | Politik dan Hukum
Pindad dan DI Perkuat Perang Melawan Korona

MI/Susanto
Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono.

 

WAKIL Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mendukung badan usaha milik negara (BUMN) di sektor pertahanan untuk memproduksi alat medis ventilator guna membantu penanganan pasien covid-19.

“Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang vital dibutuhkan dalam penanganan pasien covid-19. Kebutuhan alat itu sangat tinggi sementara suplainya terbatas. Saya selama ini aktif mendorong pabrik milik BUMN yang berada di klaster National Defence and Hightech Industries (NDHI) ikut produksi ventilator,” ungkap Trenggono di Jakarta, kemarin.

Terdapat dua BUMN di klaster NDHI yang mampu membuat ventilator dan telah lulus uji produk dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan RI. PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia (DI) sudah memproduksi ventilator. “Kementerian Pertahanan akan pastikan produk buatan BUMN itu akan membantu dalam upaya melawan covid-19,” katanya.

Trenggono menjelaskan pemanfaatan mesin produksi yang dimiliki sektor industri pertahanan untuk turut membuat ventilator merupakan hal yang realistis, berkaca pada Amerika Serikat yang meminta pabrik mobil Ford, GM, dan turbin GE memproduksi ventilator.

Bahkan, Israel Aerospace Industries (IAI) yang dikenal sebagai manufaktur dirgantara dan persenjataan diperintahkan Kementerian Pertahanan Israel ikut berperan serta melawan pendemi korona, memproduksi ventilator portabel.

Sementara itu, Dirut PT Pindad Abraham Mose mengatakan sesuai dengan arahan Kementerian Pertahanan dan Kementerian BUMN, pihaknya akan ikut berperan memproduksi peralatan kesehatan yang sangat diperlukan seperti ventilator, tabung oksigen, masker ruang operasi, dan bilik disinfektan.

“Pindad sudah membuat ventilator pumping machine yang berfungsi sebagai alat bantu pernapasan pasien yang mengalami gagal napas,” jelasnya.

PT DI memproduksi ventilator portabel, yakni Vent-I (Ventilator Indonesia) hasil kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung. Ventilator jenis itu ditujukan bagi pasien yang sakit, tetapi masih mampu bernapas. (Cah/P-3)

Baca Juga

Biro Setpres

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Takziah ke Rumah Almarhum Tjahjo Kumolo

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:50 WIB
Presiden dan Ibu Iriana tiba pukul 07.22 WIB dan disambut oleh istri almarhum Erni Guntarti, beserta...
ANTARA/Yudhi Mahatma

Pemerintah Diminta Perjelas Aturan Ganja untuk Medis

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:14 WIB
"Jika memang berdasarkan hasil medis dan tidak ada obat lain selain ganja, tentu saja hal itu menjadi tidak masalah, karena tujuan...
ANTARA

Kejagung Periksa Tiga Saksi dari Kemendag Terkait Kasus CPO

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:10 WIB
Pemeriksaan saksi untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya