Senin 23 Desember 2019, 16:13 WIB

Soal Uighur, Indonesia Tidak Akan Ikut Campur

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Soal Uighur, Indonesia Tidak Akan Ikut Campur

ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

 

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak akan mencampuri penyelesaian masalah Uigur. Pasalnya hal itu merupakan urusan dalam negeri Tiongkok sehingga tidak turut serta atau mengintervensi.

"Masing-masing negara memiliki kedaulatan untuk mengatur warga negaranya, jadi pemerintah RI tidak ikut campur dalam urusan negara Tiongkok mengatur dalam negeri," jelas Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (23/12).

Menurut dia, sikap pemerintah Indonesia tersebut merupakan bagian dari menghormati kedaulatan bangsa-bangsa di dunia, dalam hal ini Tiongkok. Setiap negara memiliki kewenangan untuk menyelesaikan tantangan dalam negeri masing-masing.

"Saya pikir sudah dalam standar internasional bahwa kita tidak memasuki urusan luar negeri masing-masing negara," ujarnya.

Ia mengatakan, prinsip itulah yang menjadi pegangan kebijakan luar neger Indonesia yang dianut juga bangsa-bangsa di dunia. "tu prinsip-prinsip dalam standar hubungan internasional," pungkasnya.

Sementara itu Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta menegaskan Fraksi PKS menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah Tiongkok namun ingin memastikan penghormatan dan penegakan HAM semua warga negara, termasuk warga Uighur di Xinjiang. Kebebasan beragama merupakan salah satu hak asasi manusia yang paling dasar.

"Kami percaya bangsa Tiongkok menjunjung tinggi ajaran falsafah, kearifan dan kebijaksanaan Konfusian. Salah satu ajaran Konfusian adalah ren yaitu sikap saling hormat terhadap sesama. Seharusnya ajaran ini tergambar dalam sikap mereka terhadap warga Uighur," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kapolri Baru Dilantik Besok, Langsung Sertijab

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 26 Januari 2021, 18:29 WIB
Rencananya, kegiatan tersebut akan digelar usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Listyo sebagai Kapolri...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kejagung Periksa Dirut BPJS Ketenagakerjaan

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 26 Januari 2021, 18:15 WIB
Penyidik juga memeriksa delapan orang lainnya sebagai saksi dalam perkara...
AFP/Angela Weiss

Istana Tegaskan tak Toleransi Perilaku Rasial

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 18:05 WIB
Seluruh tindakan yang melanggar hukum, terlebih aksi rasis terhadap sesama warga negara, harus ditindak secara tegas sesuai peraturan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya