Senin 08 Juli 2019, 17:18 WIB

PKB Mutlak Ajukan Cak Imin sebagai Pimpinan MPR

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
PKB Mutlak Ajukan Cak Imin sebagai Pimpinan MPR

ANTARA
Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar berpidato tentang Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (5/12).

 

MUHAIMIN Iskandar (Cak Imin) memastikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mutlak akan mengusung dirinya sebagai pimpinan MPR 2019-2024. Ia mengatakan, PKB sudah siap mengajukan namanya dalam pembahasan paket pimpinan MPR dengan partai-partai lain di Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

"Kita (sudah) mengajukan, nanti tergantung responsnya," ujar Cak Imin di gedung DPR, Jakarta, Senin (8/7).

Baca juga: PAN: Partai Pendukung Prabowo belum Bahas Paket Ketua MPR

Cak Imin mengatakan, hingga saat ini belum ada pembahasan resmi di internal KIK terkait paket pimpinan MPR. PKB sendiri masih harus menunggu arahan dari partai lain di KIK, khususnya partai besar dengan suara tertinggi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Jadi masih saling menunggu waktu, masih lama soalnya. Dalam dua bulan ini pematangan kita," ujar Cak Imin.

Terkait dengan harus adanya satu parpol di KIK yang mengalah tidak mendapat kursi pimpinan MPR, Cak Imin mengatakan belum bisa berkomentar lebih jauh. Meski NasDem sudah mengatakan rela mengalah, Cak Imin belum bisa memastikan lagi partai apa yang nantinya tidak mendapat jatah.

"Belum bisa membayangkan, karena saya harus menunggu pembicaraan dan arahan dari partai besar, PDIP. Intinya kita kan harus mengajak diskusi," tandasnya.

Sebelumnya, Sekjen NasDem, Johnny G Plate, mengatakan sebagai pemenang pemilu, paket pimpinan MPR selayaknya diisi oleh partai-partai koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Namun, karena jatah pimpinan MPR dari parpol hanya 4 kursi, NasDem rela mengalah untuk tidak menyodorkan kadernya sebagai pimpinan MPR. (OL-6)

Baca Juga

dok.pribadi

Pendeta Alberth Yoku: Tindakan Korupsi Lukas Enembe Tanggung Jawab Pribadi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 19:54 WIB
PENETAPAN Lukas Enembe (LE) menjadi tersangka oleh KPK mendapat dukungan dari sejumlah tokoh lokal Papua, salah satunya pendeta Alberth...
dok.ist

Pengamat: Kritikan SBY Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Asumsi Saja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 19:05 WIB
DIREKTUR Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, kritik Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY soal dugaan...
Instagram @gerindra

Prabowo Sowan Ke 9 Kiai Sepuh NU Jateng, M Qodari: Game Changer di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:57 WIB
“Ini memperlihatkan arah baru untuk segmentasi atau basis politik yang dituju. Kita tahu pada 2014 dan 2019 arahnya itu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya