Sabtu 08 Mei 2021, 22:50 WIB

Sehari Berkencan dengan Toyota Raize

mediaindonesia.com | Otomotif
 

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengundang sejumlah wartawan untuk merasakan langsung SUV terbaru Toyota Raize. Rute test drive yang dipilih berada di lingkungan perkotaan menjelajahi jalanan seputar Jakarta hingga Tangerang, pada Jumat (7/5).

Dalam sesi test drive kali ini Media Indonesia (MI) berkesempatan mencoba mobil tersebut bersama rekan jurnalis dari Tempo.co dan Carmudi. Sementara Raize yang kami coba adalah varian 1.0T GR Sport one-tone berkelir silver.

Berangkat dari Kala Kalijaga, Blok M Kebayoran Baru, MI sengaja memilih menjadi penumpang di bangku belakang. Ruang lutut yang lapang membuat gerak kaki lebih leluasa. Walaupun san daran jok tak dapat direbahkan ke belakang, namun kemiringan sudutnya sudah cukup nyaman.

Sesi test drive dibagi dalam beberapa etape. Etape pertama berujung di Tanjakan 13 Kuningan City yang merupakan area parkir bertingkat dengan tanjakan yang cukup curam. Di sini kami berkesempatan mencoba mensimulasikan manfaat fitur Hill Start Assist yang memudahkan 'stop 'n go' di jalan menanjak.

Perjalanan berlanjut mamasuki etape kedua dengan destinasi White Sand Beach Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Jakarta Utara. Usai menikmati kawasan wisata yang lagi ngehits ini, MI mengambil alih roda kemudi menuju sesinasi etape ketiga yaitu IKEA Alam Sutera, Kota Tangerang Banten.

Menyusuri ruas tol menuju kawasan Alam Sutera, MI penasaran dengan kemampan mesin 1KR-VET 3 silinder turbo bertenaga maksimal 96,5 hp pada 6.000 rpm dengan kekuatan puntir maksimal 149 Nm antara 2.400-4.000 rpm.

Low end power mesin ini cukup efekif diajak tempur di medan kemacetan. Mesin bertransmisi CVT berteknologi baru ini juga gesit saat digeber pada batas kecepatan maksimal yang ditetapkan di hampir setiap ruas jalan bebas hambatan, bahkan saat digeber di atas batas kecepatan tersebut.

Hal yang cukup mengusik adalah gemuruh suara ban yang menerobos kabin. Butuh tambahan peredam suara untuk menyiasatinya. Suspensinya yang rigid juga tak sanggup melawan hukum fisika. Namun hal ini bisa ditoleransi sebagai konsekuensi sebuah SUV yang memiliki bobot cukup ringan.

Bagian suspensi depan ditangani oleh model MacPherson Struts, sementara bagian belakang diserahkan pada suspensi model Torsion Beam dengan pegas spiral dikombinasi roda berdiameter besar dengan ukuran ban 205/60 R17 yang membuat twmpilannya terlihat gagah.

Di sisi lain, posisi mengemudi cukup asyik walaupun roda kemudi tidak dilengkapi fitur teleskopik. Memantau kondisi lingkungan di sekeliling mobil juga sangat mudah, sehingga tidak menyulitkan dikendarai di jalan-jalan yang sempit.

Yang lebih mengasyikan lagi, karakter pengendalian Raize sangat responsif. Meliuk-liuk di kepadatan ruas tol menjadi terasa seru layaknya berada di atas mobil go-kart, nyaris tanpa ada jeda. Bisa dibilang karakternya mirip sebuah mobil balap.

Fitur pada Raize 1.0T ini juga sangat lengkap, bahkan bisa dibilang terlalu canggih untuk ukuran SUV yang dijual di kisaran harga Rp250 jutaan tersebut. Hal ini bisa dilihat dari berbagai sisi.

Bagian instrument cluster contohnya yang telah menggunakan teknologi layar displai full digital 7" yang dapat menampilkan animasi, sementara bagian kirinya terdapat Multi Information Display berisi informasi seputar kendaraan. Mulai dari jarak tempuh yang tersisa dengan bahan bakar yang ada, konsumsi bahan bakar, indikator ECO, termasuk jadwal srvis.

Ada pula indikator di dekat spion bagian atas yang menunjukkan bila penumpang di baris kedua tidak mengenakan sabuk keselamatan yang mengingatkan kita pada kabin pesawat terbang.

Perangkat audionya juga menganut gaya modern yang umum digunakan pada mobil-mobil premium dengan layar displai touchscreen 9" yang juga dapat dioperasikan melalui tombol-tombol di lingkar kemudi.

Di bagian belakang lingkar kemudi terdapat sepasang paddle shifter untuk mengoperasikan transmisi otomatis CVT-nya dengan cara manual, dan lagi-lagi ini adalah fitur yang hanya ada di mobil-mobil 'mahal'. 

Fitur istimewa lainnya bisa dilihat dari tampilan eksterior. Mulai lampu LED pada lampu depan dan belakang, bahkan pola nyala lampu seinnya mengingatkan kita pada sedan-sedan mewah buatan salah satu brand Eropa terkemuka.

Meskipun masuk kategori mobil untuk pemula, fitur pelengkap keamanan dan keselamatannya tidak main-main. Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) merupakan kelengkapan standar.

Hal ini tentu akan menjadi jawaban para pengguna kendaraan kelas menengah bawah yang mendewa-dewakan teknologi. Bisa dibilang, kehadiran Raize telah menciptakan sebuah standar baru sebuah kendaraan di kelas entry level.
 

Baca Juga

DFSK Indonesia

BBM DFSK Super Cab Mencapai 15,4 Km/Liter

👤RO 🕔Senin 21 Juni 2021, 19:14 WIB
Metode pengukurannya sendiri menggunakan teknik full to full, dan saat dilakukan penghitungan, konsumsi BBM DFSK Super 1.5L Gasoline ini...
NMAA

NMAA Siapkan Hadiah Mobil Modif IMX Pekanbaru

👤RO 🕔Senin 21 Juni 2021, 18:50 WIB
Kali ini IMX menggandeng salah satu YouTuber otomotif MotoMobi dalam memodifikasi Honda...
BMW Group Indonesia

BMW Luncurkan 430i Coupé dan Convertible

👤RO 🕔Minggu 20 Juni 2021, 22:00 WIB
New BMW 430i Coupe M Sports Pro ditawarkan dengan harga off the road Rp1,399 miliar, sedangkan New BMW 430i Convertible M Sport dibanderol...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya