Jumat 13 Januari 2023, 23:27 WIB

Apriyani/Siti Fadia Jaga Peluang Pertahankan Gelar di Malaysia

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Apriyani/Siti Fadia Jaga Peluang Pertahankan Gelar di Malaysia

Dok PBSI
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

 

Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjaga asa mempertahankan gelar di Malaysia Terbuka 2023. Apriyani/Siti Fadia yang berstatus juara bertahan meneruskan performa apik dan menembus semifinal.

Pada laga perempat final turnamen BWF World Tour Super 1000 yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (13/1), Apriyani/Siti Fadia menyisihkan Kim So Yeong/Kong Hee Yong. Mereka mengalahkan unggulan ketiga asal Korea Selatan itu dengan 22-20, 21-15.

"Alhamdulillah akhirnya dengan konsistensi permainan dan fokus, kami bisa menjalankan pola dengan baik dan akhirnya kami bisa memetik kemenangan dalam pertandingan hari ini," kata Apriyani.

Setelah menang di gim pembuka, pada gim kedua, dari tertinggal 6-9, pelan tapi pasti Apri/Fadia malah bisa mendapat lima angka beruntun dan menutup interval kedua dengan keunggulan 11-9. Bahkan mereka makin menjauh dengan 16-9.

Meski lawan sempat bangkit, Apriyani/Siti Fadia tetap percaya diri. Mereka akhirnya memenangi gim kedua yang mengamankan tiket semifinal.

"Karena memang kita sudah tahu bagaimana pola permainan mereka yang juga tidak berubah tempo permainannya.

Saat tadi ketinggalan 6-9, kita tidak mau terbawa pola lawan. Kita ubah dan akhirnya bisa dapat 10 poin hingga unggul 16-9," tutur Fadia.

"Saat ketinggalan, kami terus berusaha dan berkomunikasi dengan Fadia dan pelatih. Selain itu juga kita tidak bisa seperti ini terus mainnya. Jadi mencoba temponya harus diubah. Kami harus bisa keluar dari zona nyaman itu," sahut Apriyani.

Meski berlaga di Malaysia, mereka merasa seperti tampil di Tanah Air karena dukungan dari suporter Indonesia di sana. Di partai semifinal pada Sabtu (14/1), Apriyani/Siti Fadia akan bertemu unggulan pertama asal Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

"Untuk menghadapi partai semifinal lawan Tiongkok, persiapannya seperti kemarin saja. Cukup makan enak, tidur enak, terus istirahat yang nyaman. Pokoknya makan banyak biar tenaganya mantap untuk menghadapi pertandingan semifinal," tukas Apriyani

Di sektor ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjadja juga melaju ke semifinal usai menekuk wakil Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun 21-16, 21-19. Di babak empat besar Dejan/Gloria bakal berhadapan dengan pasangan Tiongkok Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

"Lawan Tiongkok, kami harus tetap bisa menjaga kondisi, tetap komunikasi. Kami juga harus tetap belajar juga dengan apa yang sudah dilalui. Selain itu juga harus tampil maksimal. Main tanpa beban saja," ucap Gloria.

Sementara itu, di nomor tunggal putra Anthony Ginting dikandaskan wakil Jepang Kanta Tsuneyama 14-21, 16-21. Di ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga dihentikan wakil Korea Selatan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae 13-21, 21-19, 11-21.

Satu wakil Indonesia lainnya di ganda putra yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto baru memainkan laga malam ini melawan pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. (OL-8)

Baca Juga

AFP

Lolos Ke Final Australia Terbuka 2023, Tsitsipas Makin Dekat Jadi Nomor Satu Dunia

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:45 WIB
STEFANOS Tsitsipas memastikan tempat di final tunggal putra grand slam Australia Terbuka...
MI/Ramdani

Bangkit dari Keterpurukan, Leo/Daniel Melangkah ke Semifinal

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:40 WIB
Pasangan berjuluk The Babies itu memastikan tempat di semifinal usai menaklukan pasangan Jepang Keiichiro Matsui/Yoshinori...
BADMINTONINDONESIA.ORG

Menanti 4 Tahun, Jonatan Christie Akhirnya Tembus Semifinal Indonesia Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:28 WIB
Dengan kemenangan ini, selanjutnya Juara Swiss Terbuka 2022 itu bakal menghadapi lawan tangguh asal Tiongkok, Shi Yu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya