Rabu 09 Maret 2022, 23:27 WIB

Kontrak Diputus, Uralkali Tuntut Haas Kembalikan Uang Sponsorhip

Widhoroso | Olahraga
Kontrak Diputus, Uralkali Tuntut Haas Kembalikan Uang Sponsorhip

AFP/Lluis Gene
Mobil tim F1 Haas.

 

PERUSAHAAN asal Rusia, Uralkali telah menuntut pengembalian dengan segera uang sponsor yang telah diberikan kepada tim F1, Haas. Tuntutan itu diajukan setelah tim Amerika Serikat itu secara sepihak mengakhiri kesepakatan sponsor.

Pada Sabtu (5/3), Haas mengumumkan keputusannya untuk berpisah dengan pembalap Rusia, Nikita Mazepin dan sponsor Uralkali setelah invasi Rusia ke Ukraina. Usut punya usut, pemilik Uralkali yang tidak lain merupakan ayah Nikita, Dmitry Mazepin, memiliki hubungan dengan presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam tes hari terakhir di Barcelona beberapa waktu lalu, Haas memutuskan menggunakan warna putih polos pada mobil mereka dan menghapus skema warna Rusia dan branding Uralkali.

"Uralkali bermaksud untuk melindungi kepentingannya sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku dan berhak untuk memulai proses peradilan, mengklaim ganti rugi, dan meminta pembayaran kembali sejumlah besar yang telah dibayarkan Uralkali untuk musim Formula 1 2022," bunyi pernyataan itu.

"Karena sebagian besar dana sponsor untuk musim 2022 telah ditransfer ke Haas dan mengingat bahwa tim mengakhiri perjanjian sponsor sebelum balapan pertama musim 2022, Haas dengan demikian gagal melakukan kewajibannya kepada Uralkali untuk musim tahun ini. Uralkali akan meminta penggantian segera dari jumlah yang diterima oleh Haas," tambah pernyataan tersebut.

Uralkali mengungkapkan dana tersebut akan digunakan untuk mendirikan sebuah yayasan bertajuk: 'We Compete as One'. “Pengembalian dana dari Haas dan sisa bagian dari pembiayaan sponsor Uralkali untuk tahun 2022 akan digunakan untuk mendirikan yayasan dukungan atlet We Compete As One," jelas pernyataan tersebut. (crashnet/OL-15)

Baca Juga

AFP/ADRIAN DENNIS

Tiafoe Antar Tim Dunia Juara Piala Laver untuk Kali Pertama

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 04:49 WIB
Tiafoe melakukan comeback apik untuk meraih kemenangan 1-6, 7-6 (13/11), dan 10/8 di pertandingan kedua sebelum terakhir dalam turnamen...
AFP/Toshifumi KITAMURA

Gara-Gara Masalah Elektronik, Espargaro Finis di Luar Zona Poin di GP Jepang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 04:45 WIB
Espargaro seharusnya start dari P6, tapi selepas lap pemanasan ia terpaksa kembali ke garasi dan berganti motor cadangan untuk start...
AFP/Toshifumi KITAMURA

Bagnaia Akui Terjatuh karena Terlalu Ambisius Menyalip Quartararo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 04:30 WIB
Bagnaia melakukan perhitungan yang salah saat berupaya menyalip Quartararo di Tikungan 3, ban depannya tidak dapat didorong lagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya