Kamis 10 Februari 2022, 11:18 WIB

ITA Laporkan Temuan Positif Doping Pada Atlet di Beijing 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
ITA Laporkan Temuan Positif Doping Pada Atlet di Beijing 2022

Fabrice COFFRINI / AFP
Atlet ski asal Iran Saveh Shemshaki.

 

Badan Penguji internasional (ITA) melaporkan adanya temuan positif doping pada atlet ski asal Iran Saveh Shemshaki dalam gelaran Olimpiade musim dingin Beijing 2022, Kamis (10/2).

Dalam hasil pemeriksaan ITA, Shemshaki disebutkan positif menggunakan steroid anabolik. Dengan hasil tersebut pemain berusia 36 tahun itu pun dilarang bertanding atau berpartisipasi dalam aktivitas apa pun selama Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

"Atlet telah diberitahu tentang kasus ini dan telah ditangguhkan sementara sampai penyelesaian masalah sesuai dengan Kode Anti-Doping Dunia dan Aturan Anti-Doping IOC yang berlaku untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022," tulis ITA dalam keterangan resminya dilansir dari BBC, Kamis (10/2).

"Atas hasil itu, atlet tersebut dilarang bertanding, berlatih, melatih, atau berpartisipasi dalam aktivitas apa pun, selama Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022," jelasnya.

Meski demikian, Badan Pengujian Internasional (ITA) mengatakan Shemshaki, yang akan bertanding pada Olimpiade ketiganya di Beijing 2022, dapat mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga dan untuk meminta analisis sampel B.

Dapat diketahui, Beijing merupakan Olimpiade ketiga untuk Shemshaki dengan sebelumnya dia berpartisipasi di Olimpiade Vancouver 2010 dan empat tahun kemudian di Sochi. Dia menjadi pembawa bendera Iran untuk Beijing 2022.

Pada Olimpiade tahun ini dia mewakili Iran bersama dengan satu atlet lainnya yakni pemain ski wanita Atefeh Ahmadi. (BBC/OL-12)

 

Baca Juga

AFP/KEVORK DJANSEZIAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Hornets Kembali Tunjuk Clifford Sebagai Pelatih Kepala

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 07:15 WIB
Clifford menyetujui kontrak multitahun, hanya empat tahun setelah dipecat oleh pemilik Hornets Michael...
AFP/Adrian DENNIS

Raducanu Tiru Daya Juang Nadal untuk Menang di Putaran Pertama Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 05:52 WIB
"Saya rasa Rafa melambangkan daya juang dan energi," jawab Raducanu ketika ditanya mengapa menggunakan logo Nadal. "Itulah...
AFP/Adrian DENNIS

Djokovic Bukukan Kemenangan Ke-80 di Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 05:33 WIB
Juara enam kali dan unggulan teratas Wimbledon itu mengalahkan petenis Korea Selatan (Korsel) Kwon Soo Woo 6-3, 3-6, 6-3, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya