Kamis 03 Maret 2022, 17:36 WIB

Tiongkok Bantah Minta Rusia Tunda Invasi Sampai Usai Olimpiade

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok Bantah Minta Rusia Tunda Invasi Sampai Usai Olimpiade

Alexei Druzhinin / Sputnik / AFP
Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, Tiongkok, pada 4 Februari 2022 lalu.

 

TIONGKOK, pada Kamis (3/3), membantah laporan yang meminta Rusia untuk menunda invasi ke Ukraina sampai setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Beijing telah mengambil garis hati-hati atas tindakan sekutu dekatnya dan Presiden Xi Jinping mengadakan pertemuan bulan lalu dengan mitranya dari Rusia di mana keduanya menyetujui kemitraan "tanpa batas".

Sejak itu, Beijing tidak mengutuk invasi ke Ukraina tetapi telah berhenti memberikan dukungan langsung.

The New York Times melaporkan pada Rabu (2/3) bahwa pejabat Tiongkok telah mengatakan kepada pejabat senior Rusia untuk tidak menyerang Ukraina sebelum akhir Olimpiade Musim Dingin, yang mengutip pejabat senior dalam pemerintahan Presiden AS Joe Biden serta pejabat Eropa.

Baca juga: Sejumlah Perusahaan Raksasa Terus Tinggalkan Rusia

Laporan itu mengatakan Beijing memiliki beberapa tingkat pengetahuan langsung tentang rencana atau niat perang Rusia sebelum invasi dimulai minggu lalu empat hari setelah upacara penutupan Olimpiade.

Ketika ditanya pada konferensi pers pada Kamis, Beijing menolak laporan itu. "Laporan New York Times benar-benar berita palsu. Pernyataan pengalihan dan pengalihan kesalahan semacam ini benar-benar keji," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin.

Presiden Rusia Vladimir Putin adalah pemimpin dunia pertama yang bertemu Xi dalam hampir dua tahun dan menjadi tamu kehormatan pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

Yuri KADOBNOV / AFP

Ukraina Hancurkan 7 Jet Tempur Rusia di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 16:15 WIB
Pangkalan tersebut berada di 200 km (125 mil) dari posisi terdekat Ukraina. Analis meragukan bahwa kerusakan itu disebabkan oleh ledakan...
AFP.

Dubes Ukraina Mohon Jakarta Bela Muslim Tatar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:45 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasil Hamianin berharap pascakunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dapat dilanjutkan dengan bantuan...
Ist/Tass

Tiongkok Bocorkan Tujuan AS Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:58 WIB
Duta Besar Tiongkok untuk Rusia, Zhang Hanhui, juga menuduh Washington berusaha menghancurkan Moskow lewat konflik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya