Minggu 17 Oktober 2021, 16:56 WIB

Kompetisi ESC Try OUT IV Diharapkan Lahirkan Atlet Berkuda Berkualitas

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Kompetisi ESC Try OUT IV Diharapkan Lahirkan Atlet Berkuda Berkualitas

Dok. Pribadi
Penyelenggaraan turnamen berkudaESC Try out IV

 

KOMUNITAS berkuda ‘Indonesia Horse Lovers’ DKI Jakarta bertekad mengembangkan olahraga berkuda di Indonesia, khususnya dalam memberdayakan kaum milenial dan Gen Z. Hal itu diperkuat dalam penyelenggaraan Equestrian Solidarity Challenge Try Out IV di Equinara Academy Pulomas, Jakarta. 

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) Adinda Yuanita mengatakan, ada kebanggaan tersendiri sebagai atlet berkuda atau yang masuk dalam komunitas berkuda. 

Dinda yang juga pemilik Equinara Horse Sport di kawasan Jakarta International Equestrian Parkir (JIEP) menambahkan, dalam mengurus olahraga berkuda, mobilisasinya tak mudah baik secara materi maupun teknis yang harus dikuasai para stakeholder. Apalagi di cabor berkuda ini ada 2 makhluk berbeda yang harus sama-sama diperhatikan yaitu kuda dan atletnya. 

"Ada kebutuhan yang tak biasa yang mungkin tak ada di cabang olahrga lain. Untuk mendapat prestasi pun tak Cuma atlet, tapi kudanya juga yang harus mendapat perhatian. Karena itu kami harap ESC ini ke depannya mampu mengajak seluruh stable di Indonesia menggelar lomba dengan teknis yang sama. Dalam setahun berbentuk seri secara regional dan tiga besar terakhir menjadi peserta di grand final akhir tahun di Jakarta,” jelas Dinda

Ketua Pordasi DKI Jakarta Aryo Djojohadikusumo menyebutkan, berkuda menjadi salah satu olahraga dengan perkembangan pesat di Jakarta. 

Senang sekali melihat ESC ini bisa terorganisir dengan baik dan harapan saya ke depan akan lebih baik lagi. Equestrian ini juga merupakan satu dari 28 cabor yang tetap di olimpiade. Karena itu, semua atlet berkuda harus semangat karena kalian punya kesempatan berkembang ketingkat lebih tinggi makin besar lagi,” jelas Aryo. 

Penyelenggara ESC Try Out IV yang juga atlet berkuda, Namita ‘Chessa’ MarsyaMarsya mengatakan, tercatat, ada 170 atlet dari 20 klub berkuda bersaing di JIEP pada ESC yang berlangsung 16-17 Oktober. Para atlet seperti Chessa, Kealton Santoso, Dinov, Alisha atau Rifat bersaing ketat di ajang ini. 

Baca juga : Yuk Simak Pengertian Hingga Macam-Macam Gerakan Senam Lantai

Ia menegaskan, ajang itu punya peran penting dalam mengembangkan olahraga berkuda yang sekaligus menjaring para atlet berkuda dari berbagai daerah dan penggunaan kuda-kuda lokal (kuda poni). 

"ESC juga berharap ini menjadi pintu masuk bagi atlet-atlet daerah untuk dapat bertanding dengan para atlet berkuda asal Jakarta dan sekitarnya yang sementara ini menjadi parameter perkembangan olahraga berkuda khususnya cabang Kelestarian di Indonesia," ujarnya. 

Di kejuaraan itu, ESC mempertandingkan kelas-kelas baik Dressage (tunggang serasi) maupun Show Jumping (lompat rintangan). Untuk kategori Dressage, berbagai kelas pun dilombakan mulai dari kelas Walk Trot hingga ke kelas para expert yakni Prix St Georges. 

Sementara di kategori Show Jumping, ESC juga mempertandingkan kelas 30Cm-50Cm hingga ke kelas para raja dengan lompatan tertinggi 130Cm-140Cm. Sejumlah atlet berkuda DKI Jaya seperti Chessa, Kealton Santoso, Alisha Firnita, atau Teuku Rifat Harsya dan kawan-kawan pun bersemangat meramaikan ajang itu. 

“Tujuan utama ajang ini adalah menarik minat atlet-atlet khususnya dari daerah, karena sebenarnya banyak atlet daerah yang punya potensi bagus. Jadi dengan adanya ESC ini mereka punya kesempatan berlatih tanding dengan atlet-atlet di Jakarta,” jelas Chessa. 

Chessa menjelaskan, untuk memulai olah raga berkuda tidak harus langsung memiliki kuda, bisa sewa di equistrian dulu. Ujarnya dengan bersemangat makin mengajak makin banyak masyarakat untuk mencintai olah raga berkuda. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Carmen Mandato/Getty Images/AFP

Brooklyn Nets Jadi Korban Ketujuh Kebangkitan Rockets

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Desember 2021, 17:01 WIB
Brooklyn Nets menjadi korban lain dari kebangkitan Houston Rockets, dalam laga lanjutan NBA 2021/2022, di Toyota Center, Huston, Texas,...
Thomas SAMSON / AFP

Pembalap Sepeda Mark Cavendish Jadi Korban Perampokan Rumah

👤 Ilham Ananditya 🕔Kamis 09 Desember 2021, 15:16 WIB
Kejadian itu berlangsung ada empat orang penjahat yang mencoba menerobos masuk kediaman...
Mike Ehrmann/Getty Images/AFP

Tiger Woods akan Berkompetisi dengan Anaknya di PNC Championship

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Desember 2021, 15:09 WIB
Pegolf Tiger Woods akan kembali ke turnamen golf bersama putranya Charlie Axel Woods dalam ajang PNC Championship yang digelar di Florida,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya