Kamis 14 Oktober 2021, 23:54 WIB

Aflah Fadlan Kembali Raih Enam Emas di Cabang Renang

Ant | Olahraga
Aflah Fadlan Kembali Raih Enam Emas di Cabang Renang

Antara
Aflah Fadlan

 

PERENANG Aflah Fadlan Prawira berhasil mendulang enam emas, tiga perak, dan satu perunggu untuk Jawa Barat pada Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Medali emas terakhir yang diraih perenang nasional itu berasal dari nomor 1.500 meter gaya bebas putra di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/10). Fadlan finis terdepan dengan membukukan 15 menit 44,84 detik.

Catatan waktu tersebut menjadi rekor baru PON atau lebih baik dari pencapaian Fadlan saat tampil pada PON 2016 di Jawa Barat dengan 16 menit 24,18 detik. Adapun pada PON Papua, Fadlan mengalahkan Reza Bayu Prasetyo yang juga berasal dari Jawa Barat dengan catatan waktu 15 menit 52,81 detik.

Wakil Jawa Timur Nanda Wahyu Jendro finis ketiga dengan 16 menit 43,09 detik. Dengan hasil ini, Fadlan pun secara keseluruhan membawa pulang enam medali emas dalam pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

Sebelumnya, dia juga menjadi yang terbaik pada nomor 400 m gaya bebas, dan 200 m gaya ganti perorangan. Lalu nomor 400 m gaya ganti perorangan putra dan estafet 4×100 m gaya bebas. Selain di kolam renang, pria yang lahir pada 13 November 1997 itu juga meraih satu emas pada perairan terbuka 10 km putra.

Fadlan juga meraih tiga medali perak di PON Papua, masing-masing pada 200 m gaya bebas, 4×200 m estafet gaya bebas dan 4x100 m estafet gaya ganti putra. Kemudian satu perunggu dari nomor 200 m gaya kupu-kupu. Fadlan pun mengaku puas dengan pencapaian di PON Papua.

"Ada enam emas, tiga perak, dan satu perunggu. Secara penampilan sangat puas dari hasil, baik dari catatan waktu maupun raihan medali," ujar Fadlan.

Perolehan emas Fadlan menyamai pencapaian ketika turun di PON Jawa Barat. Hanya saya, kali ini medali perak lebih banyak dari sebelumnya. "Tentunya PON Papua ini akan menjadi tolok ukur saya untuk meningkatkan lagi pencapaian untuk level internasional seperti SEA Games dan Asian Games," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

AFP/JADE GAO

Tiongkok Rilis Daftar Pejaat Asing yang akan Hadir di Olimpiade Beijing 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:30 WIB
Beberapa negara Barat telah mengumumkan boikot diplomatik terkait catatan hak asasi manusia Tiongkok, khususnya tindakan kerasnya terhadap...
Dok. Pribadi

Mengenal Aryo Moedanton, Pemuda Indonesia yang Kini Menjabat Direktur di ASEAN Para Sport Federation 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:32 WIB
Pemuda berusia 31 Tahun itu berperan penting dalam memastikan integritas database kepesertaan dan juga akses kontrol yang langsung terkait...
Martin KEEP / AFP

Medvedev Taklukan Tsitsipas untuk Bertarung di Partai Puncak Lawan Nadal

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 28 Januari 2022, 19:35 WIB
Petenis nomor dua dunia asal Rusia itu mencapai final Australian Open untuk tahun kedua berturut-turut dengan mengalahkan Tsitsipas 7-6(5)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya