Kamis 14 Oktober 2021, 23:54 WIB

Aflah Fadlan Kembali Raih Enam Emas di Cabang Renang

Ant | Olahraga
Aflah Fadlan Kembali Raih Enam Emas di Cabang Renang

Antara
Aflah Fadlan

 

PERENANG Aflah Fadlan Prawira berhasil mendulang enam emas, tiga perak, dan satu perunggu untuk Jawa Barat pada Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Medali emas terakhir yang diraih perenang nasional itu berasal dari nomor 1.500 meter gaya bebas putra di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/10). Fadlan finis terdepan dengan membukukan 15 menit 44,84 detik.

Catatan waktu tersebut menjadi rekor baru PON atau lebih baik dari pencapaian Fadlan saat tampil pada PON 2016 di Jawa Barat dengan 16 menit 24,18 detik. Adapun pada PON Papua, Fadlan mengalahkan Reza Bayu Prasetyo yang juga berasal dari Jawa Barat dengan catatan waktu 15 menit 52,81 detik.

Wakil Jawa Timur Nanda Wahyu Jendro finis ketiga dengan 16 menit 43,09 detik. Dengan hasil ini, Fadlan pun secara keseluruhan membawa pulang enam medali emas dalam pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

Sebelumnya, dia juga menjadi yang terbaik pada nomor 400 m gaya bebas, dan 200 m gaya ganti perorangan. Lalu nomor 400 m gaya ganti perorangan putra dan estafet 4×100 m gaya bebas. Selain di kolam renang, pria yang lahir pada 13 November 1997 itu juga meraih satu emas pada perairan terbuka 10 km putra.

Fadlan juga meraih tiga medali perak di PON Papua, masing-masing pada 200 m gaya bebas, 4×200 m estafet gaya bebas dan 4x100 m estafet gaya ganti putra. Kemudian satu perunggu dari nomor 200 m gaya kupu-kupu. Fadlan pun mengaku puas dengan pencapaian di PON Papua.

"Ada enam emas, tiga perak, dan satu perunggu. Secara penampilan sangat puas dari hasil, baik dari catatan waktu maupun raihan medali," ujar Fadlan.

Perolehan emas Fadlan menyamai pencapaian ketika turun di PON Jawa Barat. Hanya saya, kali ini medali perak lebih banyak dari sebelumnya. "Tentunya PON Papua ini akan menjadi tolok ukur saya untuk meningkatkan lagi pencapaian untuk level internasional seperti SEA Games dan Asian Games," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Belitung Sprint Triathlon 2021 Digelar Hybrid Akhir Tahun Ini 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 22:47 WIB
Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, ajang yang melombakan renang, balap sepeda, dan lari itu akan digelar secara...
Dok. Pribadi

Juara Seri 4 ISSOM, Alvin Bahar Tatap Juara Nasional Ke-9 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 21:41 WIB
Alvin yang meraih superpole saat kualifikasi, tampil gemilang hingga kembali meraih gelar juara di kelas Kejurnas ITCR Max...
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Menkominfo: World Superbike Mandalika Akan Terapkan Prokes Ketat

👤Mediaindonesia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:35 WIB
Menkominfo meyakini bahwa World Superbike akan memacu pemulihan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat pada khususnya dan di Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya