Senin 11 Oktober 2021, 19:03 WIB

83 Orang Terkonfirmasi Positif di Gelaran PON Papua

M. Ilham Ramadhan Avisena | Olahraga
83 Orang Terkonfirmasi Positif di Gelaran PON Papua

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Stadion Lukas Enembe di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, hingga Senin (11/10) terdapat 83 orang terkonfirmasi positif covid-19 dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Jumlah itu bertambah 18 orang dari hari sebelumnya. 

"Dari 65 yang terkonfirmasi positif, atlet 72%, ofisial 23%, coach 1,5%, wasit 1,5%, dan di situ masuk wartawan yang meliput di sana, kemudian positivity rate 1,45%. Kemudian terjadi di semua kota baik di Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke," kata Airlangga dalam komferensi pers secara virtual, Senin (11/10). 

Baca juga: Putri bawa Tim Uber Indonesia memimpin 2-0 atas Prancis

Ada dua cabang olahraga (cabor) yang paling banyak mencatatkan kasus konfirmasi positif, pertama yakni judo dengan jumlah konfirmasi positif 9 orang. Lalu diikuti cabor sepatu roda, motor cross, panahan, dan kriket (7). 

Gua mengantisipasi penyebaran virus, imbuh Airlangga, pemerintah memutuskan untuk memperbaiki mekanisme kepulangan atlet. Para atlet, kru, ofisial yang ada di Papua mesti menjalankan karantina terpusat di wilayah masing-masing, itu dilakukan bila hasil PCR menyatakan negatif. 

Bila hasil PCR menyatakan positif, maka harus melaksanakan karantina terpusat di tempat yang tersedia seperti di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. Karenanya pemerintah daerah, baik di Papua maupun di tiap wilayah harus menyiapkan tempat isolasi terpadu sampai dengan 5 hari setelah ajang PON berakhir. 

"Terkait dengan mekanisme kepulangan ini, diharapkan biaya tes dan karantina ditanggung oleh pemerintah daerah dan satgas covid daerah," kata Airlangga. 

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berujar, gelaran PON di Papua menjadi pembelajaran bagi pemerintah untuk memperbaiki aturan dalam penanganan covid-19. Tujuannya agar dalam pelaksanaan gelaran besar berikutnya keamanan dari pandemi dapat tetap terjamin. 

Dia menyampaikan, masa karantina yang semula diharuskan untuk dilakukan selama 8 hari dipersingkat menjadi 5 hari. Itu karena berdasarkan kajian dan penelitian yang disampaikan ke pemerintah, masa rerata inkubasi virus terjadi selama 4,8 hari. 

"Jadi maksimum itu sudah turun di bawah 4% probability penularannya. Jadi risikonya makin merendah karena tingkat imunitas kita bertambah sejalan dengan jumlah yang divaksin yang juga jumlah lansia yang divaksin bertambah," ujar Luhut. 

Di kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, penularan yang terjadi dalam gelaran PON Papua berasal dari penginapan dan kegiatan makan bersama. Dia bilang, satu kamar penginapan diisi oleh 4 hingga 6 atlet. 

"Ini menjadi catatan, agar acara besar ke depan seperti ini ada perbaikan protokol kesehatan yang bsia kami lakukan," kata dia.

Penerapan protokol kesehatan dalam gelaran tersebut juga menurutnya masih bisa ditingkatkan. Hal itu dapat dilakukan bila Satuan Tugas Covid di wilayah tersebut memiliki kewenangan lebih. 

Selain itu Kemenkes juga mendapati sebanyak 7 atlet yang berlaga di PON Papua kembali ke daerahnya sebelum menyelesaikan masa karantina. 7 atlet yang diidentifikasi positif itu diketahui ke Tarakan (1 orang); Jambi (2 orang), Sidoarjo (3 orang), dan Yogyakarta (1 orang). 

"Bapak Presiden meminta 7 atlet yang kembali ke kota asal sebelum selesai masa isolasi bisa segera dikarantina atau diisolasi di tempat kedatangan," tutur Budi. 

Dari gelaran besar seperti PON, lanjutnya, pemerintah juga menyadari perlunya dilakukan random PCR test. Hal itu berguna untuk identifikasi orang terkonfirmasi secara cepat. Sejalan dengan itu juga perlu dipastikan tempat isolasi terpadu siap untuk menampung pasien positif covid. (OL-6)

Baca Juga

Twitter @celtics

Tatum Cetak 41 Poin, Celtics Tekuk Hornets Lewat Overtime

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:52 WIB
Tatum juga mengemas delapan assist dalam laga NBA melawan Hornets...
AFP/Tim Nwachukwu/Getty Images

Swiatek, Muguruza, dan Badosa Lolos ke WTA Finals 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:42 WIB
Ketiga petenis itu akan bergabung dengan Aryna Sabalenka, Barbora Krejcikova, Karolina Pliskova, dan Maria Sakkari, yang telah terlebih...
Twitter @Bucks

Bucks Akhiri Rangkaian Laga Tandang dengan Kemenangan Atas Pacers

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:00 WIB
Giannis Antetokpunmpo mencetak 30 poin, 10 rebound, dan sembilan assist saat Milwaukee Bucks menang 119-109 atas Indiana...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya