Minggu 08 Agustus 2021, 17:24 WIB

Menpora Apresiasi Olimpiade Tokyo Dimasa Pandemi

Akmal Fauzi | Olahraga
Menpora Apresiasi Olimpiade Tokyo Dimasa Pandemi

Antara
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalia

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalia mengapresiasi penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar di masa pandemi covid-19.

Meski sempat tertunda satu tahun dan diragukan bisa digelar melihat terus bertambahnya kasus penularan covid-19 di seluruh dunia, Multiajang empat tahunan itu berjalan lancar.

"Hari ini Olimpiade Tokyo akan ditutup. Saya harus menyampaikan rasa salut kepada penyelenggara Olimpiade Tokyo dan IOC yang bisa melaksanakan multievent olahraga tingkat dunia di tengah pandemi covid 19 yang masih mewabah di Jepang," kata Zainudin saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (8/8).

"Mereka bisa menjaga protokol kesehatan dengan disiplin seperti yang kita saksikan dalam tayangan TV," lanjutnya.

Zainudin juga mengapresiasi kesadaran para atlet menjalankan protokol kesehatan demi bisa bertanding dan meraih prestasi di olimpiade. Negara lain, termasuk Indonesia tentunya bisa belajar dari penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang akan resmi ditutup hari ini.

Baca juga : Jelang Penutupan Olimpiade Masih 13 Medali Emas Diperebutkan

"Kontingen kita juga alhamdululillah aman sejak berangkat sampai kembali. Panitia menerapkan sistem bubble sebagai pilihan yang tepat, peserta hanya boleh dari tempat penginapan ke tempat latihan atau pertandingan. Kesadaran dari peserta yang berasal dari berbagai negara dengan penerapan prokes secara disiplin juga menjadi faktor yang penting," ujarnya.

"Negara-negara lain bisa belajar dari keberhasilan Jepang ini termasuk kita di Indonesia yg akan menyelenggarakan, baik multievent maupun single event di dalam negeri. Kegiatan olahraga terlaksana dengan prokes yang ketat dan disiplin," tegasnya.

Setelah 17 hari berlangsung,  Olimpiade Tokyo 2020 akan menutupi perhelatannya malam nanti, Minggu (8/8). Indonesia menjadi negara ASEAN nomor urut dua terbaik merujuk pada pencapaian medali di multiajang empat tahunan itu.

Indonesia mengumpulkan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Jumlah tersebut hanya kalah dari Filipina yang berhasil memenangkan 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu di Olimpiade Tokyo.

Filipina ada di peringkat 50, Indonesia ada di posisi ke-55, Thailand ada di posisi ke-59, dan Malaysia ada di urutan ke-74.

Sumbangan medali untuk kontingen Indonesia diberikan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu (emas), Eko Yuli Irawan (perak), dan Windy Cantika Aisah, Rahmat Erwin Abdullah, Anthony Ginting (perunggu). (OL-2)

 

Baca Juga

DOK> PBESI

Piala Presiden Esports 2022 Diharapkan Munculkan Atlet yang Mampu Harumkan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:26 WIB
Ketua Harian PBESI Komjen (Pol) Bambang Sunarwibowo mengumumkan, babak Grand Final Piala Presiden Esports 2022 pada November mendatang akan...
AFP/ROSLAN RAHMAN

Ginting Tegaskan tidak Kapok Hadapi Axelsen

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:15 WIB
Ginting, yang tampil sebagai unggulan keenam, menempati pool atas bersama peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu dan berpeluang...
AFP/Matthew Stockman/Getty Images

Emma Raducanu Mengaku tidak Sabar Hadapi Serena Williams

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:00 WIB
Williams telah menduduki peringkat satu dunia kala Raducanu lahir pada November...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya