Senin 02 Agustus 2021, 16:05 WIB

Greysia: Emas Olimpiade Impian Sejak Umur 13 Tahun

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Greysia: Emas Olimpiade Impian Sejak Umur 13 Tahun

AFP
Greysia Polii/Apriyani Rahayu

GANDA Putri bulu tangkis Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhasil menyabet medali emas Olimpiade 2020 Tokyo, Senin, (2/8). Mematahkan cengkraman Tiongkok pasangan peringkat enam dunia itu mengklaim medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo.

Mengalahkan pasangan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan skor kemenangan 21-19, 21-15. Greysia/Apriyani berhak atas medali Olimpiade pertaman Indonesia di nomor ganda putri.

"20 tahun lalu ketika saya berusia 13 tahun, saya tahu bahwa Indonesia belum membuat sejarah di ganda putri," ucap Greysia dikutip dari BWF, Senin, (2/7).

"Saya tahu bahwa saya dilahirkan untuk menjadi pemain bulu tangkis, dan sejak saya berusia 13 tahun saya memiliki keyakinan ingin membuat sejarah untuk Indonesia," imbuhnya.

Berdasarkan catatan BWF, Tiongkok hanya dua kali gagal dalam perebutan medali emas di nomor ganda putri sejak debut bulu tangkis di Olimpiade 1992, Yakni pada tahun 1992 dan 2016, dan kini Greysia/Apriyani berhasil memperpanjang catatan buruk Tiongkok dan merampasnya dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang merupakan pasangan peringkat 3 dunia.

Baca juga: Catatan Bersejarah yang Mengiringi Medali Emas Greysia/Apriani

"Saya tidak bisa berkata-kata sekarang. begitulah rasanya mendapatkan medali emas anda tidak bisa menggambarkannya dengan kata-kata," sebut Greysia.

Dalam perjalanan di olahraga bulu tangkis, Greysia dipasangkan dengan Apriyani pada 2017. Tepatnya, setelah Nitya Krishinda Maheswari cedera. Kala itu, Greysia bahkan sudah berniat menggantung raket. Namun, rencana itu akhirnya ditunda karena pelatih Eng Hian memintanya untuk mendampingi junior, yang kebetulan saat itu Apriyani datang ke Pelatnas PBSI Cipayung.

Pasangan Korea Selatan So-yeong/Kong Hee-yong berhak atas medali perunggu setelah menang atas rekan senegaranya Lee So-hee/Shin Seung-chan 21-10, 21-17. (BWF/OL-4)

Baca Juga

Antara

Jelang PON Papua, Panitia Gelar Test Event Cabor Kriket

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 18 September 2021, 14:08 WIB
Test event dilakukan dengan menggelar pertandingan antara tim kriket putra dan tim kriket putri di venue wilayah Sentani, Kabupaten...
medcom

Indonesia Imbangi Barbados di Piala Davis

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:26 WIB
Tunggal utama tim Merah Putih, Justin Barki (21), menyumbang satu angka kemenangan setelah menyudahi perlawanan Kaipo...
Facebook SEA Games 2021

Vietnam tidak Pasti, Nasib SEA Games belum Ada Titik Temu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 21:34 WIB
Pembahasan pelaksanaan SEA Games Hanoi masih alot lantaran panitia penyelenggara perlu melakukan koordinasi lanjutan dengan pemerintah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya