Selasa 13 April 2021, 00:15 WIB

MotoGP Mandalika Ditunda Semusim, Sandiaga: Peluang Optimalisasi

Insi Nantika Jelita | Olahraga
MotoGP Mandalika Ditunda Semusim, Sandiaga: Peluang Optimalisasi

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, penundaan penyelenggaraan ajang balap Moto GP di Indonesia tahun ini tidak akan mengurangi rencana persiapan sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

'Kami akan memaksimalkan persiapan (Mandalika) Begitu sirkuit selesai dibangun, kami akan terus melakukan uji coba, sehingga kita benar-benar punya tingkat kesiapan yang prima," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (12/4).

Diketahui bahwa seri MotoGP Mandalika rencananya akan dilangsungkan pada musim ini. Namun setelah perwakilan FIM dan Dorna Sports melakukan peninjauan lapangan ke Sirkuit Mandalika pada pekan kemarin, diputuskan MotoGP Indonesia akan digelar pada Maret 2022.

Sandiaga menuturkan, pemerintah akan memanfaatkan waktu penundaan ajang olahraga internasional itu dengan promosi dalam rangka menarik wisatawan guna membangkitkan pariwisata di tengah pandemi.

Baca juga: Kembali Membalap, Honda Yakin Marquez akan Tampil Maksimal

"Kami akan punya waktu lebih banyak waktu untuk persiapan, promosi, karena akan hadir ratusan ribu orang dan 500 juta orang yang menyaksikan perhelatan ini," jelas Politisi Gerindra itu.

Kendati MotoGp diundur, untuk kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) dikatakan tetap berlangsung pada 14 November 2021 mendatang.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, Sirkuit Mandalika akan rampung pada Juli ini.

Pembangunan Sirkuitnya Mandalika sendiri dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). Trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu telah masuk ke dalam kalender provisional MotoGP 2021. Adapun, alokasi anggaran untuk proyek tersebut mencapai Rp1,7 trilliun. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA

Tommy Sugiarto Susul Jonatan Christie Ke Perempat Final Denmark Terbuka

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 21:49 WIB
TOMMY Sugiarto menyusul Jonatan Christie melangkah ke perempat final tunggal putra kejuaraan bulutangkis Denmark Terbuka 2021 setelah...
Claus Fisker / Ritzau Scanpix / AFP

Juara Piala Thomas Beri Semangat Tambahan untuk Jojo di Denmark Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 20:22 WIB
Jonatan Christie berhasil merebut satu tempat di babak perempat final Denmark Terbuka 2021, usai mengalahkan wakil Jepang Kanta Tsuneyama,...
ANTARA

Denmark Terbuka 2021, Gregoria Gagal Lewati Unggulan Dua Asal Jepang

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:46 WIB
UPAYA Gregoria Mariska Tunjung untuk melangkah lebih jauh di sektor tunggal putri kejuaraan bulutangkis Denmark Terbuka 2021,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya