Selasa 13 April 2021, 00:15 WIB

MotoGP Mandalika Ditunda Semusim, Sandiaga: Peluang Optimalisasi

Insi Nantika Jelita | Olahraga
MotoGP Mandalika Ditunda Semusim, Sandiaga: Peluang Optimalisasi

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, penundaan penyelenggaraan ajang balap Moto GP di Indonesia tahun ini tidak akan mengurangi rencana persiapan sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

'Kami akan memaksimalkan persiapan (Mandalika) Begitu sirkuit selesai dibangun, kami akan terus melakukan uji coba, sehingga kita benar-benar punya tingkat kesiapan yang prima," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (12/4).

Diketahui bahwa seri MotoGP Mandalika rencananya akan dilangsungkan pada musim ini. Namun setelah perwakilan FIM dan Dorna Sports melakukan peninjauan lapangan ke Sirkuit Mandalika pada pekan kemarin, diputuskan MotoGP Indonesia akan digelar pada Maret 2022.

Sandiaga menuturkan, pemerintah akan memanfaatkan waktu penundaan ajang olahraga internasional itu dengan promosi dalam rangka menarik wisatawan guna membangkitkan pariwisata di tengah pandemi.

Baca juga: Kembali Membalap, Honda Yakin Marquez akan Tampil Maksimal

"Kami akan punya waktu lebih banyak waktu untuk persiapan, promosi, karena akan hadir ratusan ribu orang dan 500 juta orang yang menyaksikan perhelatan ini," jelas Politisi Gerindra itu.

Kendati MotoGp diundur, untuk kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) dikatakan tetap berlangsung pada 14 November 2021 mendatang.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, Sirkuit Mandalika akan rampung pada Juli ini.

Pembangunan Sirkuitnya Mandalika sendiri dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). Trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu telah masuk ke dalam kalender provisional MotoGP 2021. Adapun, alokasi anggaran untuk proyek tersebut mencapai Rp1,7 trilliun. (OL-4)

Baca Juga

AFP

Ketua KOI Harapkan Atlet Indonesia Mencetak Sejarah Baru

👤 Ilham Ananditya 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 21:17 WIB
Raja Sapta bersama federasi dan komite olimpiade internasional lainnya juga sedang menjalin serta memaksimalkan komunikasi antar kedua...
BIRO PERS ISTANA/SETPRES

Presiden Ucapkan Selamat Kepada Lifter Windy Cantika

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 18:40 WIB
Atlet angkat besi Indonesia Windy Cantika Aisah menjadi penyumbang medali pertama bagi tim Merah Putih saat bertanding di Tokyo...
MI/RAMDANI

Hendra/Ahsan Menang Mudah di Pertandingan Pertama

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 17:50 WIB
Dalam pertandingan yang berlangsung dalam 27 menit di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Hendra/Ahsan menang dua gim langsung 21-12,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengawasan Lemah karena Infrastruktur Terbatas

 Pasal 4 huruf j Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 menyebutkan tahanan dilarang memiliki, membawa, dan atau menggunakan alat elektronik

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya