Jumat 06 Desember 2019, 06:20 WIB

Menanti Emas Pertama dari Tenis

Despian Nurhidayat | Olahraga
Menanti Emas Pertama dari Tenis

ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A
Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi berpeluang menyumbang emas untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina

TENIS lapangan berpeluang menyumbang emas pertama bagi Kontingen 'Merah Putih' di SEA Games 2019 melalui sektor tunggal putri. Dalam final hari ini di Rizal Memorial Tennis Center, Manila, andalan Indonesia Aldila Sutjiadi akan menghadapi petenis Vietnam Savanna Ly Nguyen.

Di atas kertas, Aldila yang merupakan unggulan dua lebih berpeluang meraih kemenangan. Namun, di laga-laga sebelumnya, Savanna mampu memperlihatkan penampilan memukau dengan menyingkirkan peraih perunggu SEA Games 2017 asal Kamboja Andrea Daravy serta peraih perak SEA Games 2017 Anna Clarice Patrimonio dari Filipina.

"Ada beberapa kesalahan dalam penampilan saya sebelumnya yang akan saya perbaiki di final. Semoga saya bisa bermain dengan baik di final dan merebut emas," tegas Aldila, kemarin.

Di nomor ganda putri, Indonesia hanya meloloskan satu wakil di semifinal melalui Beatrice Gumulya/Jessy Rompies. Di perempat final kemarin, Beatrice/Jessy menundukkan pasangan Vietnam, Minh Trang Dao/Csilla Fodor, 6-1 dan 6-3.

Di semifinal hari ini, Beatrice/Jessy akan menghadapi pasangan Thailand Patcharin Chrapchandej/Luksikha Kumkhum. Ganda Indonesia lainnya, Rifanty Kahfiani/Priska Madelyn, menyerah di tangan pasangan Thailand, Peangtarn Plipuech/Tamarine Tanasugarn, 4-6 7-6, 5-10.

Kekalahan juga dialami ganda putra Anthony Susanto/David Agung Susanto. Menghadapi ganda Filipina Jeson Patrombon/Francis Casey Alcatara di perempat final, Anthony/David kalah dua set langsung 4-6, 0-6.

Dengan hasil itu, Indonesia tak memiliki perwakilan ganda putra di semifinal SEA Games 2019. Selain ganda putra, Indonesia juga gagal meloloskan wakil di tunggal putra setelah Ari Fahresi dan Muhammad Rifqi Fitriadi ter-singkir di babak kedua.

Peluang bulu tangkis

Dari arena bulu tangkis di Muntinlupa Sports Complex, Indonesia meloloskan dua wakil di perempat final tunggal putri setelah Ruselli Hartawan dan Gregoria Mariska Tunjung mengalahkan lawan masing-masing.

Ruselli lolos ke delapan besar setelah mengalahkan unggulan empat asal Singapura, Yeo Jia Min, 21-16, 22-24, dan 19-9. Adapun Gregoria lolos setelah menang 21-14, 10-21, dan 21-13 atas pemain Vietnam, Vu Thi Trang.

Namun, di sektor tunggal putra, Indonesia hanya menyisakan satu wakil di babak perempat final menyusul tersingkirnya Firman Abdul Kholik. Menghadapi pemain Thailand Sitthikom Thammasin, Firman kalah 9-21, 17-21.

Satu-satunya tunggal putra Indonesia yang lolos ke delapan besar ialah Shesar Hiren Rhustavito yang mengalahkan pemain Kamboja Leng Sopheaktra di babak 16 besar dua gim langsung 21-4, 21-11. Di perempat final, Shesar akan menghadapi pemain Singapura Loh Kean Yew. Dalam tiga pertemuan dengan Loh sebelumnya, Shesar meraih dua kemenangan.

"Dengan Loh, walaupun sudah ketemu kemarin, tetap harus saya pelajari lagi. Targetnya saya memang meraih medali. Tapi saya ingin jalani saja pertandingan demi pertandingan," ujar Shesar. (R-1)

Baca Juga

AFP/MARTIN BUREAU

Pliskova Tunjuk Pelatih Baru untuk Musim 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 November 2020, 12:58 WIB
Bajin, asal Jerman, mengantar Osaka meraih dua gelar Grand Slam yakni Amerika Serikat (AS) Terbuka 2018 dan Australia Terbuka pada tahun...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Haas Sebut Grosjean Dapat Membalap di GP Sakhir Jika Sehat

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 30 November 2020, 10:22 WIB
Steiner bersikeras Grosjean akan menjadi pilihan pertama jika cederanya telah sembuh dan mau kembali...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Tim Haas F1 Konfirmasi Grosjean Masih Dalam Perawatan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 30 November 2020, 09:30 WIB
Steiner menyebut luka bakar di tangan Grosjean sebagai cedera utamanya saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya