Rabu 04 Januari 2023, 17:37 WIB

Akademisi: Kebijakan Jokowi Pindahkan IKN Dorong Penyerapan Tenaga Kerja

mediaindonesia.com | Nusantara
Akademisi: Kebijakan Jokowi Pindahkan IKN Dorong Penyerapan Tenaga Kerja

DOK.MI
Aktivitas pekerja membangun tower hunian bagi pekerja konstruksi IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

 

REKTOR Universitas Mulawarman (Unmul) Kota Samarinda Abdunnur memuji kebijakan Presiden Joko Widodo memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menurutnya, langkah Jokowi tersebut dapat mendorong penyerapan tenaga kerja.

Abdunnur mengatakan langkah Jokowi memindahkan IKN akan mendatangkan investor-investor yang bakal membuka ribuan lapangan kerja untuk masyarakat. Sehingga, ia pun mengimbau agar masyarakat Kaltim khususnya harus bersiap menghadapi era kemajuan ekonomi.

"Masyarakat harus bersiap dengan SDM-nya, sebab IKN akan mendorong pembukaan lapangan kerja yang besar, sehingga butuh penyerapan tenaga kerja yang besar juga," ujar Abdunnur dalam keterangan yang diterima, Rabu (4/1).


Baca juga: Resmikan Tol Pekanbaru-Bangkiang, Presiden: Tingkatkan Daya Saing Kawasan


Abdunnur mengatakan Kaltim tidak hanya diuntungkan dengan penyerapan tenaga yang besar. Namun, lanjut dia, semua potensi yang ada di Kaltim dan sekitarnya juga akan terdorong maju.

"Sisi positif ditetapkannya IKN di Kaltim tentu kebijakan pemerintah akan mendorong semua potensi yang ada di sana. Baik itu daerah, pendidikan, kesehatan, dan lainnya," tuturnya.

Terakhir Rektor mengatakan pemindahan IKN tersebut merupakan wujud komitmen Jokowi dalam merealisasikan pemerataan pembangunan. Melalui pemindahan ibu kota, Abdunnur yakin pemerataan dapat diwujudkan.

"Ini menjadikan sebuah bukti bahwa IKN adalah bagian dari kebijakan Pak Jokowi untuk pemerataan pembangunan," pungkasnya. (RO/OL-16)

Baca Juga

kendalkab.go.id

Kendal Jadi Episentrum Ekonomi Baru di Jawa Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:20 WIB
Kawasan Industri Kendal, sampai dengan periode Januari 2023, telah menembus angka US$2,55 miliar dan menyerap 25.000 tenaga...
MI/Palce Amalo

BI: Ekonomi NTT Tetap Kuat Hadapi Lonjakan Inflasi Tekanan Global

👤Palce Amalo 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:25 WIB
KANTOR Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan kinerja ekonomi daerah itu masih menunjukkan ketahanan yang cukup...
MI/Adi Kristiadi

Mardiono Sowan ke Pimpinan Ponpes Sukahideng: Optimis PPP Jaya Lagi

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:10 WIB
Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono mendapat arahan dari Pimpinan Ponpes Sukahideng, Tasikmalaya untuk terus mendekatkan diri kepada para kiai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya