Jumat 11 November 2022, 19:42 WIB

Kasus Covid-19 Naik, Pemprov Sumsel Minta Masyarakat Giatkan Lagi Prokes

Dwi Apriani | Nusantara
Kasus Covid-19 Naik, Pemprov Sumsel Minta Masyarakat Giatkan Lagi Prokes

DOK MI
Ilustrasi

 

SEPEKAN terakhir, kasus Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami kenaikan. Pada Kamis (10/11) terdapat 78 kasus baru Covid-19 di Sumsel. 

Saat ini, total kasus Covid-19 di Sumsel mencapai 83.587 kasus dengan rincian 79.682 kasus sembuh, meninggal 3.403 kasus dan yang masih aktif 502 kasus tersebar di 16 kabupaten/kota. Kasus terbanyak yakni di Palembang 285 kasus aktif, namun di Empat Lawang nol kasus. 

Menanggapi adanya peningkatan kasus Covid-19 di Sumsel, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan Covid-19 sifatnya selalu berubah-ubah variannya, sebelumnya juga ada Omicron. "Mudah-mudahan kali ini tidak menyebabkan pneumonia dan tidak menyebabkan sampai dengan meninggal," kata Herman Deru, Jumat (11/11)

Meski begitu, masyarakat diimbau tetap harus waspada dan hindari hal-hal yang menyebabkan terpapar Covid. Diantaranya menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti memakai masker.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Ferry Yanuar menambahkan, masyarakat diimbau tetap menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak).

"Kita sudah mengadakan rapat koordinasi untuk penanganan kasus Covid-19 ini, untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus. Berbagai hal akan dilakukan seperti kembali diperketat 3M dan diperkuat 3T (Testing, Tracing dan Treatment) serta terus digencarkan vaksinasi," ungkapnya.

Diakuinya, terjadinya peningkatan kasus ini karena memang masyarakat sudah benar-benar kendor. "Peningkatan kasus ini juga ada kaitannya dengan varian baru Omicron XBB, meskipun memang hasil whole genome sequencing (WGS) belum keluar," ungkapnya.

Berdasarkan prediksi untuk varian Omicron XXB ini seperti variam Omicron BA4 dan BA5, yang peningkatannya tidak begitu signifikan. Meskipun begitu tetap akan dipantau.

Menurut Ferry, untuk rumah sakit tetap dari kemarin-kemarin mensiagakan ruang-ruang khusus isolasi. Bahkan jika terjadi lonjakan mereka semua siap menambah ruangan. Kemudian untuk laporan obat-obatan masih cukup aman.

"Karena kondisi kita saat ini kasus Covid-19 sedang meningkat, meskipun ada di PPKM level satu kalaupun mau ada keramaian mohon protokol kesehatan diterapkan dengan baik," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/HO

Ulama Banten Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:34 WIB
Kali ini, bertempat di Pondok Pesantren Roudhotus Sibyan Al-amin, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten, alunan doa untuk Ganjar Pranowo...
DOK.MI

Tim SAR Konawe Utara Cari Kakak Adik Terseret Arus di Sungai Lasolo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:55 WIB
Usai menerima laporan tersebut, pihaknya memberangkatkan tim penyelamat Unit Siaga SAR Konawe Utara untuk mencari...
DOK MI

Kematian Tersangka Kasus Perampokan, Empat Anggota Polres Tapsel Jalani Pemeriksaan

👤Widhoroso 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:38 WIB
EMPAT anggota kepolisian yang bertugas di Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara dinonaktifkan terkait kasus penganiayaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya