Senin 07 November 2022, 11:31 WIB

Stok Beras Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan Hinga Akhir 2022 Aman

Mediaindonesia.com | Nusantara
Stok Beras Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan Hinga Akhir 2022 Aman

Antara/Abriawan Abhie
Pekerja mengangkut beras di gudang bulog wilayah Sulselbar, Makassar, Sulsel

 

DALAM rangka menjaga produksi dan memantau serta menjaga stabilisasi stok beras, Kementerian Pertanian terus nmelakukan kordinasi dan pemantauan di seluruh daaerah di Indonesia diantaranya Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Dadang Hidayat menyampaikan secara langsung terkait stok beras di Provinsi Jawa Barat berdasarkan data angka sementara BPS Tahun 2022 produksi padi Jawa barat pada September sampai dengan Desember 2022 sebanyak 2.695.000 ton gabah kering giling. 

“Karena produksi tersebut secara hitungan setara dengan beras sebanyak 1.556.000 ton Beras, bila jumlah penduduk Jawa barat saat ini berdasarkan data BPS tahun 2020 sebanyak 49.935.858 orang dengan tingkat konsumsi beras berdasarkan data Dusenas DKPP Jawa barat tahun 2021 maka kebutuhan beras rakyat Jawa barat sebanyak 1.377.897 ton." Jelas Dadang

“Sehingga Jawa barat masih surplus beras sebesar 178.883 ton beras, Dari surplus beras Jawa barat tersebut di atas sampai dengan Minggu ke-4 bulan Oktober 2022 beras Jawa barat diantaranya tersebar di hampir semua kabupaten kota di Jawa barat serta berupa stok sebanyak kurang lebih 10% dari surplus yaitu berupa stok beras di penggilingan sebanyak 13.269,97 Ton dan pedagang sebanyak 2.698,23 ton sehingga total stok di penggilingan dan gudang pedagang sebanyak 15.968,19 ton di samping stok di penggilingan dan gudang pedagang tentunya beras Jawa barat juga tersebar dan tersimpan berupa stok di rumah tangga " imbuh Dadang. 

Lebih lanjut Dadang menambahkan, beras Jawa barat juga banyak yang terdistribusi ke wilayah luar Jawa barat terutama DKI Jakarta karena selama ini yang sudah berjalan produksi dan pengolahan dilaksanakan di kabupaten/kota di Jawa barat setelah jadi beras keluar dari Jawa barat.

"Sedangkan harga sampai dengan saat ini rata-rata gabah kering panen sebesar 4.800 Rp perkilo." Tutur Dadang

Terpisah hal yang sama disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan & Hortikultura, Sulawesi Selatan M. Syarifuddin. 

Baca juga : Siapa Bilang Stok Beras Menipis, Di Banten Melimpah Nih

Ia mengungkapkan, sesuai dengan data BPS terakhir angka sementara cadangan beras Surplus 2,08 juta ton setara dengan beras tahun 2022 ini. Sementara pada September sampai Desember 2022, untuk stok beras berjumlah 1.551.735 ton beras yang tersebar di 24 kabupaten kota di Sulawesi Selatan. 

"Sedangkan iklim di Sulsel terbagi tiga yakni iklim sektor barat, sektor timur dan sektor polarian, masing berbeda beda karena setiap tahun Sulawesi Selatan bisa dipastikan ada panen ada tanam." kata Syarif. 

Selanjutnya Sulawesi Selatan telah memasok beras pada 27 provinsi mulai dari Aceh sampai ke Papua. Pasokan melalui beberapa pelabuhan besar dan ada juga yang melalui pelabuhan rakyat.

Senada, Plt. Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Indri Nurseptiorini menyampaikan, di Jawa tengah saat ini ketersediaan beras berdasarkan data produksi kami ada sekitar 374.000 Ton di bulan Oktober. 

"Dan di bulan Oktober ini juga ada beberapa daerah yang panen raya seperti di daerah Sragen Sukoharjo Pemalang Klaten dan Pati dari kebutuhan-kebutuhan masyarakat di Jawa tengah insyaallah ketersediaan beras di Jawa tengah terpenuhi." Tegas Indri

“Dengan surplus sekitar 1,3 juta Ton dan ditambah dengan hasil produksi kami nanti di Oktober November Desember Insya Allah stok beras di Jawa tengah tersedia hingga akhir tahun ini aman." lanjutnya.

Untuk diketahui untuk Jawa Tengah, realisasi panen dari Januari sampai September seluas 1 juta 484.764 hektar dengan produksi 8 juta 238.177 ton Gabah Kering Giling (GKG) setara beras 4.712.978 ton beras.Sementara kebutuhan masyarakat di Jawa tengah adalah 3.411.989 ton sehingga surplus 1.300.989 ton. (RO/OL-7) 

Baca Juga

dok.Kemenag

Program Kampung Zakat Jangkau Desa di Kepulauan Meranti

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:10 WIB
DIREKTORAT Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, mempercepat pelaksanaan Program Kampung Zakat bagi masyarakat atau daerah...
MI/Belvania Sianturi

Ini Rekomendasi Penelitian Para Ahli Terkait Penataan KJA Danau Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:08 WIB
Danau Toba juga dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti pembangkit listrik tenaga air, sumber air baku air minum, transportasi,...
dok.Ant

BBM Solar Subsidi Sulit Didapat di SPBU Bali Dipicu Kuota Menipis

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:58 WIB
BBM subsidi jenis solar di Bali sulit didapat. Hampir seluruh SPBU di Bali terlihat antrean mengular untuk membeli...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya