Minggu 06 November 2022, 18:30 WIB

Hadirnya NKJ Harapan Baru Tingkatkan Ekonomi Warga Sleman

Selamat Saragih | Nusantara
Hadirnya NKJ Harapan Baru Tingkatkan Ekonomi Warga Sleman

dok.ist
Field Manager Nara Kupu Jogja, Doni Darmawan melakukan soft opening Eduwisata NKJ.

 

KAWASAN Eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya Pandanpuro, Hargobinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar acara soft opening pagi pada Sabtu-Minggu (5-6/11).

Field Manager Nara Kupu Jogja, Doni Darmawan, menambahkan, dengan digelarnya soft opening tersebut, pihaknya optimis kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri ke lokasi yang memiliki beragam area wisata akan menunjang sektor ekonomi masyarakat sekitar.

"Melalui kegiatan soft opening Nara Kupu Jogja ini, kami optimis masyarakat sekitar mulai saat ini mempunyai sebuah harapan baru untuk bersama-sama menumbuhkan kesejahteraan melalui pengelolaan alam dan lingkungan," ujar Doni saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (5/11).

Dia mengatakan, pihaknya komitmen untuk menjadikan NKJ sebagai kawasan pengelolaan usaha mikro yang berkelanjutan mulai dari edukasi, produksi, pengelolaan dan pemasaran.

Misalnya, lanjut Doni, pihaknya sudah melakukan edukasi warga dalam mengolah sampah organik.

Selain itu, NKJ juga mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan dengan menjadikan pengembangan bidang agrikultur sebagai bagian dari perencanaan kawasan.

"Tentu kami terus membangun sinergi dengan masyarakat dan komunitas sekitar dengan mendorong penggunaan material lokal. Kami pun akan menjadikan NKJ sebagai destinasi eco cultural tourism dan agro Eduwisata yang terintegrasi dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Doni mengutarakan, selain lokasi urban digital farming, penangkaran rusa dan hewan ternak, pihaknya juga terus melengkapi kawasan tersebut dengan fasilitas penunjang seperti perpustakaan, toko souvenir menjual produk ramah lingkungan, klinik kesehatan, homestay dan kafe atau restoran.

"Kami juga berprinsip untuk mendukung pola hidup sehat salah satunya menyosialisasikan panganan sehat dari sayuran organik, dan ini sudah mulai kami lakukan sejak jauh hari bekerja sama dengan Wihrasa Group," jelasnya.

Diketahui selama ini, Nara Kupu Jogja juga memiliki area wisata kuliner yang menyajikan berbagai macam makanan khas yang terbuat dari olahan organik seperti bakmi Jogja Mbah Walid, Pecel 57 dan lain-lain.

"Makanya seperti tadi disampaikan, kami ingin kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak mulai dari hulu hingga hilir. Mulai menanam, menuai hingga produksi semua tersinergikan untuk membangun lingkungan yang berwawasan maju dan digital," kata Owner Wihrasa Group, Rayhan Christian Siego. (OL-13)

 

Baca Juga

dok.Ist

Konferensi Mahasiswa Papua Dukung DOB Papua

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:35 WIB
KONFERENSI Mahasiswa Papua (KMP) menyatakan pelantikan gubernur akan mempercepat pembangunan di tiga Provinsi yang merupakan daerah otonom...
MI/NAVIANDRI

Pemeliharaan Sungai Citarum Harus Dilanjutkan setelah Program Citarum Harum Selesai pada 2025

👤Naviandri 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:55 WIB
Program Citarum Harum ditetapkan sesuai Perpres 18/2018 tentang  Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai...
Dok Komunitas Petani Muda Keren.

Bali Go Organik 2024, Pertanian Bergerak dengan Pupuk Organik Demi Menjaga Ekosistem Alam

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:53 WIB
Komunitas Petani Muda Keren mengadakan kegiatan Festival Petani Mandiri yang diselenggarakan pada Kamis (1/12) di Jatiluwih Rice Terrace,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya