Kamis 27 Oktober 2022, 09:15 WIB

15 Suku di Desa Detubinga Gelar Ritual "Po'o Bhoro" Jelang Musim Tanam

Gabriel Langga | Nusantara
15 Suku di Desa Detubinga Gelar Ritual "Po

MI/Gabriel Langga
Ritual "Po'o Bhoro di Desa Detubinga, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, NTT, Kamis (27/10/2022)

 

MASYARAKAT Desa Detubinga, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur masih berpegang teguh terhadap adat istiadat. Dimana, jelang memasuki musim tanam, masyarakat setempat melaksanakan ritual "Po'o Bhoro" untuk memberikan makan kepada leluhur.

Dalam acara ritual "Po'o Bhoro", ini melibatkan 15 suku yang ada di Desa Detubinga. Para tetua adat dari 12 suku pun dalam proses ritual tersebut mengenakan pakaian adat seperti ragi (sarung), lesu (kain kecil untuk kepala), dan semba (kain yang dipakai menyamping) . Selanjutnya, para tetua adat pun duduk dibawah tanah dengan berkeliling.

Dalam ritual ini, semua masyarakat Desa Detubinga terlihat terlibat aktif dan mengerjakan tugasnya masing-masing. Yang mana, ada yang membuat tempat untuk memasak nasi bambu, dan ada juga yang lain memotong bambu, mengambil air dan membersihkan bambu. Selanjutnya, beras itu dibungkus dengan daun dan dimasukkan kedalam bambu, kemudian dibakar. Sesudah nasi dibambu masak, mereka mulai dengan ritual Po'o Bhoro. Selanjutnya diikuti dengan makan bersama-sama.

Camat Tanawawo, Jhon Oriwis kepada media Indonesia.com, (27/10) mengatakan masyarakat Desa Detubinga setiap mau musim tanam biasanya didahului dengan ritual "Po'o Bhoro". Ritual ini sendiri merupakan upacara tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang dan dijunjung tinggi oleh masyarakat.  Yang mana kata dia, ritual ini sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dengan cara memberikan makan sesajian. Tujuannya agar melindungi serta memberkati segala usaha yang akan dikerjakan seperti bertani.

"Ada 15 suku yang terlibat. Biasa kalau musim tanam masyarakat disini biasa gelar ritual dengan memberi makan kepada leluhur agar hasilnya  panen bisa baik kedepannya," ujar dia.  (OL-13)

Baca Juga: TNI Giatkan Program Ketahanan Pangan di perbatasan RI-Malaysia

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Warga Kota Kupang Antre Berjam-Jam untuk Beli Minyak Tanah

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 26 November 2022, 16:32 WIB
WARGA Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) rela mengantre selama berjam-jam di lokasi operasi pasar minyak tanah yang digelar PT...
MI/ Voucke Lontaan

Polda Sulut Periksa Eks Bupati Bolaang Terkait Dugaan Korupsi Rehabilitasi Jalan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 16:31 WIB
Dalam kasus dugaan korupsi rehabilitasi jalan baru Insil Induk oleh Dinas PUPR Kabupaten Bolaang Mongondow, Polda telah menetapkan dan...
Ist

Sahabat Ganjar Gelar Lomba Kejuruan Siswa SMK TKJ se-Jawa Barat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 16:28 WIB
Sahabat Ganjar gelar kegiatan dengan tajuk "Lomba Kejuruan Siswa SMK TKJ se-Jawa Barat” yang diselenggarakan di Prime Park...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya