Rabu 14 September 2022, 19:45 WIB

Nelayan Tuban Gelar Petik Laut dan Kirab Budaya Pesisir

M Yakub | Nusantara
Nelayan Tuban Gelar Petik Laut dan Kirab Budaya Pesisir

dok.Instagram @adityahalindra
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky

 

NELAYAN sejumlah kelurahan di Kota Tuban, Jawa Timur  mengelar ritual petik laut di kawasan wisata pantai Boom Tuban, Rabu (14/9) siang. Rangkaian kegiatan tradisional ini juga dimeriahkan dengan Kirab Budaya Pesisir.

Pesisir Tuban memiliki potensi budaya yang besar, yang bisa dikembangkan dan di pamerkan untuk menarik wisatawan. Apalagi, petik laut ini juga melibatkan 500 kapal milik nelayan di tiga kelurahan.  Sejumlah kelurahan yang mengelar ritual laut itu meliputi Sidomulyo, Karangsari, dan Kingking.

Kirab Budaya Pesisir ini, diikuti oleh seluruh warga pesisir tiga kelurahan tersebut.  Kirab dimulai dari Plaza Ikan menuju ke wisata Pantai Boom sepanjang kurang lebih 2-3 kilometer dengan panjang arak-arakan  lebih dari 200 meter. Acara dilanjutkan dengan prosesi larung sesaji oleh para nelayan.

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, yang turut prosesi pelarungan sesaji. Bupati memasang kain sesaji yang berupa kepala sapi. Prosesi dilanjutkan dengan pelarungan oleh nelayan menggunakan perahu, kemudian dibawa ketengah laut.

Bupati mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur para nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki hasil laut yang diberikan. Selain itu, event kirab dan larung sesaji juga telah menjadi agenda tahunan dari warga kelurahan pesisir pantai Kota Tuban.

Pada tahun ini dilaksanakan dengan skala kabupaten dan diadakan secara bersamaan. "Biasanya skalanya tingkat kelurahan dan sendiri-sendiri, jadi bersyukur bisa menyelenggarakan bersamaan. Sehingga ajang ini juga menjadi pemersatu antara nelayan dari tiga kelurahan," kata Bupati.

Bupati Halindra mengatakan, pesisir pantai Tuban memiliki potensi budaya yang besar, yang harus dikembangkan. Untuk itu, mengagendakan wisata petik laut menjadi event tahunan merupakan salah satu sarana memunculkan agenda wisata baru yang memiliki multiplier effect baik dari segi budaya, kearifan lokal, hingga ekonomi.

"Event ini menjadi sarana pengajaran budaya dan memunculkan pariwisata baru, ketika ini menjadi event tahunan," ujarnya.

Ia juga menegaskan, Pemkab Tuban akan terus mendukung kegiatan budaya pesisir sebagai salah satu upaya penggalian potensi dan pelestarian kearifan lokal pesisir tuban. "Kita apresiasi dan akan kita support penuh," ungkapnya.

Bupati juga bersyukur melihat antusiasme warga pesisir selama acara berlangsung. Ia berharap, event serupa akan terselenggara di tempat lain, sehingga memunculkan potensi wisata baru termasuk perputaran ekonomi di wilayah tersebut. "Masyarakat senang, ekonomi tuban juga mulai tumbuh. Semoga ditempat lain menyusul," pungkasnya.

Ketua Forum Generasi Pesisir Berkarya Ali Rohmad menjelaskan, acara tersebut diikuti oleh lebih dari 500 nelayan di tiga kelurahan. Melibatkan 500 kapal milik nelayan. Ali mengungkapkan, acara Petik Laut merupakan ungkapan rasa syukur nelayan atas tangkapan ikan yang dihasilkan. Selain itu juga sebagai sarana menjaga kerukunan dari tiga kelurahan. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Fondasi Jembatan Runtuh, Arus Lalu Lintas Pekalongan-Pemalang Dialihkan

👤Akhmad Safuan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:26 WIB
Sejauh ini belum diketahui penyebab kebutuhan pondasi apakah karena usia jembatan atau gerusan air sungai yang mengalir cukup deras di...
MI/HO

Emak-Emak dan Milennial Jambi Dukung Sandiaga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:00 WIB
Lomba badminton bertujuan mengajak masyarakat berolahraga dan tentunya mampu meningkatkan kembali bakat mereka dalam bermain...
ANTARA/MOHAMAD HAMZAH

Huntap Penyintas Banjir Torue Selesai Dibangun 2024

👤M Taufan SP Bustan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 17:32 WIB
Berdasarkan catatan BPBD ada 40 rumah rusak pascabencana alam tersebut, di mana 10 unit rumah hilang dan 30 unit rusak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya