Rabu 14 September 2022, 17:45 WIB

Sebanyak 1.509 Pelaku Pariwisata di Cianjur Terima Bansos Rp500 Ribu/Orang

Benny Bastiandy | Nusantara
Sebanyak 1.509 Pelaku Pariwisata di Cianjur Terima Bansos Rp500 Ribu/Orang

MI/Benny Bastiandy
Bupati Cianjur Herman Suherman

 

SEBANYAK 1.509 pelaku pariwisata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah daerah setempat, Rabu (14/9). Bantuan ini merupakan tambahan bantalan sosial bagi masyarakat pada sektor pariwisata yang terdampak penaikkan harga BBM subsidi.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan dampak naiknya harga BBM tentu dirasakan semua kalangan masyarakat. Karena itu, sesuai arahan pemerintah pusat dipandang perlu menyaluarkan bantuan sosial tambahan bagi masyarakat yang terdampak.

"Sesuai regulasi, saya sudah perintahkan ke pak kadis (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) menganggarkan bantuan sosial bagi pelaku pariwisata, seni, dan budaya dari Pemkab Cianjur," kata Herman di sela penyerahan bantuan sosial di kawasan salah satu hotel di Kecamatan Cipanas,
Rabu (14/9).

Para penerima bantuan sosial merupakan pelaku pariwisata pada bidang perhotelan, restoran, pemandu wisata, ODTW, ekonomi kreatif, seniman, dan budayawan di Kecamatan Cipanas dan Pacet. Masing-masing mendapatkan bantuan sosial dalam bentuk tunai sebesar Rp500 ribu.

"Jangan dilihat nilainya, tapi bentuk kepeduliannya dari pemerintah daerah terhadap masyarakat yang terdampak," tegasnya.

Herman memandang para pelaku pariwisata merupakan mitra pemerintah. Mereka merupakan garda terdepan yang harus bisa mempromosikan tempat wisata di Kabupaten Cianjur. "Dukungan pariwisata sangat dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Cianjur," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Cianjur ingin mengembalikan lagi kejayaan sektor pariwisata, terutama di kawasan utara. Satu di antara upaya mendongkrak kembali tingkat kunjungan wisatawan yakni mendorong realisasi percepatan pembangunan jalur Puncak 2.

"Kami serius merealisasikan jalur Puncak 2 sebagai alur alternatif menuju ke Cipanas. Sekarang sudah dibangun jalan penyangga jalur Puncak 2 dengan cara pembetonan," kata Herman.

Herman meyakini jika nanti pembangunan jalur Puncak 2 selesai, Kabupaten Cianjur akan kembali menjadi tujuan utama para wisatawan yang berlibur. Terutama wisatawan dari kawasan Jabodetabek serta Banten. "Terutama di kawasan utara Cianjur yang memiliki hawa sejuk serta objek-objek wisata unik, menarik, dan nyaman," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Polusi Udara di Kawasan Canggu Bikin Resah, Satpol PP Batasi Musik Outdor

 

Baca Juga

MI/Bayu Anggoro

Bobotoh Keluhkan Sistem Distribusi Tiket yang Menyulitkan Komunitas

👤Naviandri 🕔Kamis 29 September 2022, 11:40 WIB
MASSA pendukung (bobotoh) Persib menuntut manajemen untuk mempermudah sistem distribusi tiket bagi komunitas. Sebab sistemnya malah...
MI/MITHA

Pemda Sigi Gelar Dzikir Akbar Mengenang Peristiwa 28 September 2018

👤Mitha Meinansi 🕔Kamis 29 September 2022, 10:48 WIB
Gempa dan likuifaksi, empat tahun silam, selain menyebabkan ribuan orang meninggal dunia, hilang dan luka-luka, juga mengakibatkan rusaknya...
YouTube: Sekretariat Presiden

Ibu Negara Iriana Jokowi Hadiri Konser Suara 1000 Sasando di Labuan Bajo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 07:05 WIB
Konser Suara 1000 Sasando ini berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) atas pagelaran dengan pemain sasando terbanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya