Senin 15 Agustus 2022, 14:05 WIB

Dukung Pertanian, EdenFarm Fasilitasi Petani dengan Pelatihan dan Sentra Komoditas di Malang

Mediaindonesia.com | Nusantara
Dukung Pertanian, EdenFarm Fasilitasi Petani dengan Pelatihan dan Sentra Komoditas di Malang

Dok.EdenFarm
Acara peresmian ECF Malang, yang terletak di Kecamatan Tumpang, Malang.

 

SEKTOR pertanian memang menjadi salah satu sektor yang paling diperhatikan pemerintah. Pasalnya hal itu menyangkut kehidupan. Tidak mengherankan jika berbagai program digenjot pemerintah demi bisa swasembada pangan.

Berangkat dari situ, EdenFarm, sebagai pionir startup rantai pasok pangan B2B, terus mendukung akselerasi produksi pertanian di seluruh wilayah operasinya, untuk berkontribusi terhadap ketahanan pangan nasional. Dengan ruang operasi di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, saat ini EdenFarm telah melayani lebih dari 50.000 UMKM sektor pangan dan kuliner, dengan dukungan dari lebih dari 4.000 mitra petani di seluruh pulau Jawa.

Proses rantai pasok pangan ini diperkuat dengan teknologi fasilitas pendukung yang memungkinkan produsen dan konsumen dapat mengakses kebutuhan mereka dengan mudah melalui aplikasi seluler, serta berbagai infrastruktur pendukung salah satunya adalah Eden Collection Facility (ECF) yang berfungsi sebagai sentra komoditas pasca panen. Para mitra tani dapat membawa hasil panen mereka ke ECF terdekat, untuk kemudian disortir dan dikirim oleh tim ECF ke Eden Fulfillment Center (EFC) yang berada di kota-kota besar.

Kali ini mereka  meresmikan ECF Malang, yang terletak di Kecamatan Tumpang, Malang. Acara peresmian ECF Malang dihadiri oleh Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Heri Suntoro, S.P, Kepala Bidang Holtikutura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Jawa Timur, Dr. Ir. Irita Rahayu, M.Ma, dan Chief Supply Officer EdenFarm, Oki Harmawan.

“Dengan beroperasinya ECF Malang, kami berharap dapat terus menjalin kemitraan denganpetani setempat dan rutin menyerap hasil budidaya pertanian sehingga semakin banyak petani yang terbantu, bukan hanya dalam memasarkan hasil panen tetapi juga melalui berbagai penyuluhan, konsultasi, dan farming project, yang kami berikan. ECF Malang menargetkan di akhir 2022 dapat menyerap hasil panen dari mitra tani hingga 20 ton per hari untuk memenuhi permintaan pasar di Jawa Timur, maupun Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selanjutnya EdenFarm akan membidik Blitar dan Boyolali untuk membuka ECF berikutnya," ujar Chief Supply Officer EdenFarm, Oki Harmawan.

Dijelaskan oleh Oki bahwa komitmen termin pembayaran yang ditawarkan EdenFarm merupakan salah satu daya tarik bagi para petani untuk bergabung menjadi mitra. 

“Kami berkomitmen dalam memberikan solusi transparansi timbangan penerimaan hasil panen dan kepastian pembayaran sesuai kesepakatan dengan rentang waktu pembayaran 2 hingga 3 hari setelah penimbangan awal,” tutur Oki.

“Perlu diketahui Malang merupakan daerah pertanian penghasil holtikultura, dengan komoditas terbesar pada produk kentang. Kami bersyukur dengan hadirnya EdenFarm di Malang sehingga dapat membantu menyerap hasil panen petani dari Kota dan Kabupaten Malang. Harapan kami dengan adanya kolaborasi EdenFarm langsung dengan para petani akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani setempat, sehingga petani tidak kesusahan dalam memasarkan hasil panen,” ujar Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Heri Suntoro, S.P

Pada kesempatan kali ini, Agronomist Development EdenFarm, Mega Alfianto, memberikan pelatihan mitigasi cuaca terhadap pengendalian hama dan penyakit, bagi sekitar 15 mitra tani EdenFarm dari Kota Malang.

“Eden Teman Tani merupakan salah satu aksi nyata EdenFarm dalam membina dan mengembangkan petani lokal, sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas dan hasil panennya. Dengan meningkatnya produktivitas dan hasil panen, dan dengan bantuan EdenFarm menyalurkan hasil produksi tersebut ke pasar yang tepat, penghasilan petani dapat meningkat dan memberikan dampak positif terhadap roda perekonomian pedesaan,” ujat Oki. (R9/A-1)

Baca Juga

dok.ist

400 Petani Milenial, Kementan Apresiasi Komitmen Pemkab Ogan Ilir

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 06 Desember 2022, 10:15 WIB
SEBANYAK 400 petani milenial pada 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dikukuhkan, Senin...
MI/Reza Sunarya

Truk Boks Terjun ke Jurang, Sopir dan 2 Penumpangnya Wafat

👤Adi Kristiadi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:35 WIB
SATU truk boks nomor polisi B 9845 KQB bermuatan limbah oli mengalami kecelakaan tunggal masuk jurang sedalam 100 meter, di kawasan...
dok.ist

Relawan Mak Ganjar Jateng Bantu Penyintas Banjir di Kabupaten Pati

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:30 WIB
BANJIR bandang yang menerjang Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada Rabu (30/11/2022) malam, berdampak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya