Rabu 10 Agustus 2022, 15:48 WIB

Fenomena Parigee Sebabkan Banjir Rob di Pesisir NTT

Palce Amalo | Nusantara
Fenomena Parigee Sebabkan Banjir Rob di Pesisir NTT

MI/Gabriel Langga
ilustrasi rob di NTT

 

STASIUN Meteorologi Maritim Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir atau rob yang melanda perairan Pulau dan Pulau Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai 
Kamis (11/8).

Lewat keterangan tertulis, Rabu (10/8), Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang Syaeful Hadi menyebutkan banjir rob disebabkan fenomena Parigee atau jarak terdekat bulan ke bumi dan fenomena bulan purnama (super full moon).

Fenomena tersebut terjadi pada 10 Agustus yang berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

"Berdasarkan pantauan dari data water level dan prediksi pasang surut sehingga dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah NTT berupa banjir pesisir," tulisnya.

Baca juga: Banjir Rob Rendam Jalan dan Tambak di Paciran

Banjir rob memberi dampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, perikanan darat serta bongkar muat di pelabuhan. BMKG mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir tersebut.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Tenau Kupang Agung Sudiono Abadi menyebutkan mulai 11-12 Agustus sejumlah wilayah di Pulau Flores berpotensi dilanda hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat yakni Manggarai, Ngada, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ende, Sikka dan Ngada.

Menurutnya, kelembaban udara dari lapisan atas hingga bawah cukup basah menyebabkan potensi penimbunan awan hujan.

"Waspadai juga potensi angin kencang yang sifatnya kering di musim kemarau yang berpotensi menyebabkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan," ungkap Agung.(OL-5)
 

Baca Juga

Ist

Destinasi Susur Sungai TNTP Bangkitkan Ekonomi Kotawaringin Barat 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 11:32 WIB
Wisata sensasi susur sungai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) sudah mendunia. Itu merupakan destinasi andalan Taman Nasional Tanjung...
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Zona Kumuh di Pasar Raya Padang Kian Menjamur

👤Yose Hendra 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 23:25 WIB
"Kami akan melakukan penataan secara bertahap. Sebelum itu, kami sosialisasikan terlebih dahulu agar di kemudian hari tidak ada hal...
MI/Djoko Sardjono

Klaten Rawan Bencana, Bupati Minta Warga Waspada di Musim Hujan

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 22:31 WIB
"Waspadai bencana alam yang mungkin terjadi di musim penghujan dalam upaya pengurangan risiko bencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya