Selasa 12 Juli 2022, 18:56 WIB

BPBD Banyumas Antisipasi Kekeringan dan Karhutla Saat Kemarau

Lilik Darmawan | Nusantara
 BPBD Banyumas Antisipasi Kekeringan dan Karhutla Saat Kemarau

ANTARA
Warga antri air bersih.

 

MESKI tahun ini musim kemarau relatif basah, tetapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas menyiapkan antisipasi. Tahun ini, BPBD Banyumas menyiapkan air bersih sebanyak 100 tangki berkapasitas 5 ribu liter.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan pihaknya menyiapkan 100 tangki air bersih untuk menyuplai kebutuhan warga. "Walaupun saat ini kemarau basah, tetapi BPBD tetap menyiagakan tiga tangki pengangkut air bersih. Alokasi anggaran untuk 100 tangki atau 500 ribu liter," kata Budi kepada Media Indonesia pada Selasa (12/7).

Menurutnya, pihaknya telah memetakan daerah-daerah yang rawan terjadinya kekeringan. Hampir setiap kecamatan di Banyumas mempunyai  wilayah-wilayah yang rawan krisis air bersih.

"Ada sejumlah wilayah di Banyumas yang langganan kekeringan. Hampir setiap kecamatan ada yang mengalami krisis air bersih. Di antaranya adalah Purwojati, Ajibarang, Rawalo, Kebasen, Sumpiuh dan lainnya," ujar Budi.

Selain itu, lanjutnya, BPBD juga menyiapkan antisipasi kalau ada kebakaran hutan. "Karhutla juga diantisipasi," tambahnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Ist

Komitmen Hasnur Group Menjalankan Bisnis Berkelanjutan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 05:30 WIB
Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari, Hasnur Group merespons tuntutan global agar dapat menjaga kenaikan suhu bumi tidak...
DOK MI

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:52 WIB
RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat...
DOK MI

DCF 2022 Digelar 2-4 September

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:46 WIB
SETELAH digelar secara virtual karena pandemi Covid-19, ajang Dieng Culture Festival (DCF) 2022 akan dilaksanakan secara tatap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya