Senin 04 Juli 2022, 16:23 WIB

Pihak Otorita Harap Masyarakat tidak Sekadar Jadi Penonton Pembangunan IKN

Henri Siagian | Nusantara
Pihak Otorita Harap Masyarakat tidak Sekadar Jadi Penonton Pembangunan IKN

dok pribadi
Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Dhony Rahajoe (kiri) saat pembukaan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi masyarakat

 

Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Dhony Rahajoe berharap masyarakat menjadi pelaku aktif pembangunan dan bukan hanya sekadar penonton pembangunan.

Dhony mengutarakan itu saat pembukaan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi masyarakat di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (4/7).

Baca juga: Komitmen Kanwil BPN Provinsi Kaltim Dukung Pembangunan IKN Nusantara

“Masyarakat yang datang akan menjadi pasar dan peluang usaha yang baik. Peserta pelatihan bisa jadi pengisi di pasar tersebut,” kata Dhonny.

Selain membangun infrastruktur fisik, kata Dhony, hal penting dalam pembangunan IKN adalah membangun infrastruktur sosial yang juga harus menguatkan karakter masyarakat sekitar Ibu Kota Nusantara. “Kepada peserta pelatihan jadilah kampiun, pribadi unggul, yang bisa jadi ragi yang mengembang, menularkan hal baik kepada semua,” ajak Dhonny.

Baca juga: Presiden Jokowi Bertemu Presiden UEA Bahas Tindak Lanjut Investasi IKN

Direktur Pembinaan Instruktur dan Tenaga Pelatihan Direktorat Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Syamsi Hari menjelaskan, pada tahap awal dijalankan lima paket pelatihan. Pada tahap pertama, lima program pelatihan yang dilaksanakan meliputi pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa, pembuatan roti dan kue, hidroponik, barista, dan sablon. Berikutnya, sejumlah pelatihan lain telah dirancang dan siap dilaksanakan, yang mungkin juga dilaksanakan di berbagai perusahaan, semisal pelatihan bagi operator alat-alat berat seperti operator ekskavator dan operator dump truck.

Menurut pelaksana tugas Camat Sepaku Adi Kustaman, Sepaku menjadi kecamatan tersibuk terkait pembangunan IKN. Untuk mengantisipasi hal itu, perlu pelatihan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan sanggup bersaing mengisi peluang yang ada seiring pembangunan IKN.

Antusiasme warga untuk mengikuti pelatihan terhitung tinggi. Pemerintah Kecamatan Sepaku terus mengidentifikasi warga calon peserta pelatihan.

Pendataan calon peserta mencapai 873 orang, terdiri atas 668 pria dan 205 perempuan.

Baca juga: Suku Dayak Aset Ibu Kota Baru

Dukung penuh

Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Prof. Masjaya menyatakan, dengan melihat kemanfaatan IKN, tidak ada alasan untuk tidak mendukung percepatan pembangunan IKN.

Masyarakat Kalimantan Timur dan khususnya Penajam Paser Utara mendukung penuh OIKN untuk mewujudkan Ibu Kota Nusantara sesuai harapan. "Universitas Mulawarman siap mendukung agar pembangunan IKN di 2024 segera terwujud,” ujar Masjaya.

Baca juga: Pengerjaan IKN Mulai Dilakukan pada 2022

OIKN adalah penyebutan untuk Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara yang merupakan pelaksana kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara serta penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.

Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara adalah Tim yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Nomor 105 Tahun 2022 tertanggal 28 April 2022 dalam rangka mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.m (X-15)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya