Sabtu 11 Juni 2022, 17:50 WIB

Lestarikan dan Kembangkan Budaya Pencak Silat, Teman Sandi Gelar Lomba Pencak Silat Tjimande di Lampung Selatan

mediaindonesia.com | Nusantara
Lestarikan dan Kembangkan Budaya Pencak Silat, Teman Sandi Gelar Lomba Pencak Silat Tjimande di Lampung Selatan

MI/HO
Lomba pencak silat yang diadakan Teman Sandi di Lampung Selatan.

 

RELAWAN Teman Sandi kembali mengadakan aneka lomba dan kegiatan sosial, Sabtu (11/6), di Lampung Selatan. Dalam kegiatan ini, ratusan dukungan dan deklarasi dari masyarakat serta millenial diberikan kepada Sandiaga Uno. Mereka yakin Sandiaga mampu membangkitkan dan meningkatkan lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.

Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan lomba Seni Rampak Silat Aliran Tjimande/Kesti Tjimande Tari Kolot Kebun Djeruk Hilir (TTKKDH). Lomba ini yang dilaksanakan di sebuah lapangan bola yang berlokasi di Jalan Muchtar No 1, Taman Agung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551. 

Adapun peserta lomba terdiri dari tim yang berasal dari 11 desa. Tim tersebut beranggotakan maksimal 10 orang. Dari perlombaan tersebut, ada 3 juara yang akan memperoleh doorprize dari pihak Teman Sandi.

Baca juga: Warga Sleman Beri Dukungan untuk Sandiaga Uno Lewat Kegiatan Produktif

Pencak Silat TTKKDH menjadi salah satu awal mula kelahiran seni beladiri asli nusantara, yakni seni Pencak Silat. Perguruan yang lebih dikenal dengan Silat Tjimande ini tersebar di Banten, Jabar, dan Lampung. TTKDH diperkirakan telah ada sejak 1770. 

Dahulu, sebelum menjadi perguruan resmi, seni silat ini sering digunakan oleh para pejuang kemerdekaan untuk melawan Belanda. Namun kini, saat telah merdeka, seni silat Cimande lebih sering dipertunjukkan sebagai seni bela diri.

Dengan adanya kegiatan ini, Teman Sandi berharap Pencak Silat TTKKDH lebih dikenal masyarakat dan dapat dilestarikan sebagai warisan budaya bagi penerus generasi selanjutnya.

Para peserta juga turut menyampaikan dukungan dan deklarasi kepada Sandiaga Uno. Mereka berharap Sandiaga mampu meningkatkan kekreatifitas masyarakat dan berharap agar kedepannya seni bela diri dapat lebih berkembang lagi.

Ketua Umum Teman Sandi, Nurlina Nuha Amedyan, meyakinkan bahwa Sandiaga Uno mampu membangkitkan ekonomi rakyat Indonesia jika menjadi presiden pada 2024.

"Sandiaga Uno mampu meningkatkan kreatifitas masyarakat bahkan millenial dan terbukti bahwa Sandiaga Uno dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia." tegasnya.

Masih berada di Jalan Muchtar No 1, Taman Agung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551, Teman Sandi menuju ke salah satu rumah peserta untuk melaksanakan lomba masak. 

Lomba tersebut diikuti 9 tim emak-emak yang masing masing beranggotakan 5 orang. Dari lomba tersebut 3 pemenang akan memperoleh doorprize dari pihak Teman Sandi.

Lomba masak tersebut diharapkan dapat membangun kekompakan, solidaritas dan dapat mengasah keahlian memasak. Dari lomba ini, emak-emak menyampaikan deklarasinya kepada Sandiaga Uno. Harapannya, Sandiaga Uno mampu meningkatkan UMKM dan memperluas lapangan kerja bagi masyarakat.

Kegiatan berakhir dengan kegiatan sosial yaitu membagikan puluhan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang ada di Dusun Sumedang dan Kebon Agung Desa Taman Agung. Terlihat masyarakat sangat antusias dan bahagia mendapat sembako tersebut. Besar harapan, bantuan sembako dapat meringankan kebutuhan sehari-hari.

Salah satu penerima bantuan sembako menyatakan, "Terima kasih Teman Sandi, bantuan sembako ini sangat membantu saya dan keluarga saya. Turut saya sampaikan bahwa saya mendukung Bapak Sandiaga Uno menajdi Presiden di tahun 2024 nantinya." (RO/OL-1)

Baca Juga

MI/M Taufan SP Bustan

Melawan Paham dan Aksi Ekstrimisme Melalui Film

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 23:50 WIB
Cerita dalam film ini adalah salah satu fakta yang ada pasca KSB Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah eksis...
Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...
ANTARA

KPPU Terus Selidiki Dugaan Kartel Harga Tiket Feri Batam-Singapura

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 26 September 2022, 21:51 WIB
KOMISI Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan segera memeriksa para operator kapal feri rute Batam-Singapura terkait dugaan kartel harga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya