Selasa 10 Mei 2022, 06:13 WIB

Bangkai Paus Sperma yang Terdampar di Riangkaha Jadi Santapan Warga Flotim

Fransiskus Gerardus | Nusantara
Bangkai Paus Sperma yang Terdampar di Riangkaha Jadi Santapan Warga Flotim

Metrotv/Fransikus Gerardus
Warga membagi-bagi daging paus sperma yang mati dan terdampar di antai Kampung Riangkaha, Desa Riangrita, Florest Timur, NTT.

 

SEEKOR Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak berjenis kelamin betina ditemukan mati terdampar di pinggir pantai Kampung Riangkaha, Desa Riangrita, Kecamatan Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Warga setempat menemukan mamalia itu dalam kondisi sekarat. Saat berusaha mengevakuasi pasu itu ke tengah laut, mamalia raksasa itu mati dengan sejumlah luka robek di tubuhnya.

Karolus Ike, warga Desa Riangrita mengatakan tubuh Paus sat ini tinggal sebagian karena dipotong ratusan warga untuk dikonsumsi.

Baca juga: Destinasi Wisata Cantik di Wilayah Terisolir

"Kami lihat pas minggu kemarin, warga berusaha dorong tapi sulit. Ikan itu sudah jadi santapan warga," ujar Karolus Ike kepada wartawan via sambungan telepon, Senin (9/5).

Ia mengatakan, sejak pagi, ratusan warga sudah berhamburan memadati lokasi pantai. Sebelum dipotong untuk dikonsumsi, tetuah suku setempat menggelar seremonial adat.

Karolus menerangkan, selain warga Riangrita, ratusan warga juga datang dari Kecamatan Titehena dan Wulamggitang. Tidak menunggu waktu lama, tubuh Paus itu tinggal sebagaian.

"Banyak yang datang, yang saya lihat mungkin sekitar ratusan orang. Tapi sebelum pemotongan, tetua suku kami buat seremonial adat. Setelah itu baru mereka diperbolehkan untuk potong," katanya.

Karolus bilang, ratusan warga datang membawa ember bahkan karung. Daging Paus itu dipotong menjadi lempengan lalu dibawa pulang.

"Warga kami juga ikut potong. Banyak sekali orang datang bawa ember," ceritanya.
 
Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Satwas SDKP) Flores Timur telah melalukan penanganan terhadap paus tersebut. Selain Satwas SDKP, penanganan juga melibatkan LSM Misool Baseftin, Pemerintah Desa Riangrita, dan Babinsa.

Koordinator Satwas SDKP, Petrus Rinto Fernandez melalui keterangan rilis menyebutkan, mamlia paus itu adalah Paus Sperma atau Paus kepala kotak berjenis kelamin betina.

"Kondisi Paus Sperma berjenis kelamin betina ditemukan mati dengan panjang 10 meter dan lebar 1,8 meter. Panjang sirip dada 90 cm, lingkar kepala 4 meter, linkar perut 5,5 meter, panjang ekor 1,5 meter, dan lebar ekor 2,36 meter," catatnya.

Berdasarkan hasil observasi, pihaknya menemukan luka robek di tubuh paus, kemungkinan karena tergores karang dan gigitan hewan laut. (OL-1)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya