Senin 21 Maret 2022, 13:40 WIB

Minyak Goreng Mahal, Perajin Keripik Tempe Sanan Malang Bertumbangan

Bagus Suryo | Nusantara
Minyak Goreng Mahal, Perajin Keripik Tempe Sanan Malang Bertumbangan

MI/Bagus Suryo.
Reni Kurniawati sedang menggoreng keripik tempe di sentra industri tempe Sanan, Kelurahan Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jatim.

 

PERAJIN tempe di Sanan, Kota Malang, Jawa Timur, bertumbangan karena harga minyak goreng yang mahal memaksa mereka menutup usaha. Ini ditegaskan Sentot, perajin keripik tempe Sanan, Kota Malang, Senin (21/3). 

Sentot menjelaskan dalam beberapa hari belakangan ia sempat berhenti produksi. Lalu, ia mengurangi produksi keripik semula 100 kg per hari menjadi 40 kg per hari setelah ada pesanan.

Itu pun harga keripik naik semula Rp8.500 per kg menjadi Rp9.000 per kg. Di sisi lain, sejumlah konsumen menolak harga keripik dinaikkan. "Produksi sekarang hanya untuk melayani pelanggan," katanya.

Saat ini, lanjutnya, minyak goreng kemasan memang ada di pasaran. Namun, harganya mahal mencapai Rp22.000-Rp25.000 per liter. Bahkan, minyak goreng kemasan jeriken isi 15 liter melonjak semula Rp193.000 menjadi Rp380.000.

Dampaknya, kebanyakan perajin tempe tidak mampu bertahan dengan posisi harga itu. Perajin sudah melakukan berbagai cara guna menekan biaya produksi sampai mentok. Akhirnya mereka menyerah sehingga memilih berhenti produksi. 

Baca juga: Kapal Nelayan NTT Tenggelam di Perairan Australia, Satu Tewas

"Katanya minyak goreng curah subsidi dihargai Rp14.000 per liter. Kenyataannya barang tidak ada di pasar," ungkapnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Benny Bastiandy

Harga Cabai Merah Keriting Di Tingkat Petani Di Cianjur Anjlok

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:46 WIB
HARGA jual cabai merah keriting di tingkat petani di Blok Ciguntur, Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,...
Medcom

Bencana Hidrometeorologi Berpotensi Terjadi Di Sebagian Wilayah Bengkulu

👤Marliansyah 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:42 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, mengingatkan masyarakat di sebagian wilayah Bengkulu, untuk waspada bencana...
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

BMKG Palu: Waspdai Banjir dan Tanah Longsor di Musim Penghujan

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:39 WIB
Kepala BMKG Palu Nur Alim mengatakan hingga beberapa hari kedepan hujan lebat masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulteng....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya