Senin 21 Maret 2022, 13:29 WIB

Kapal Nelayan NTT Tenggelam di Perairan Australia, Satu Tewas

Palce Amalo | Nusantara
Kapal Nelayan NTT Tenggelam di Perairan Australia, Satu Tewas

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

KOMANDAN Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) Heribertus Yudho Warsono menyebutkan satu dari sembilan nelayan yang tenggelam di perairan Pulau Pasar, Australia, ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa. Sedangkan delapan ABK lain belum ditemukan. 

"Lanal Rote sedang membantu pencarian korban. Kami melakukan pencarian secara maksimal," katanya kepada wartawan di Kupang, Senin (21/3). 

Menurutnya, kecelakaan kapal nelayan tersebut terjadi pada Minggu (20/3). Namun, belum ada informasi detail mengenai penyebab tenggelamnya kapal nelayan tersebut. Dari foto yang tersebar di media sosial, kondisi kapal hancur.

Kapal nelayan bernama Kuda Laut tersebut diketahui bertolak dari pantai Desa Hundihuk, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, pada 17 Maret 2022 menuju titik mancing di perairan Pulau Pasir mengangkut 12 orang, termasuk nakhoda. Lokasi tersebut masuk perairan Australia.

Pada 20 Maret 2022, pesawat patroli Australia dilaporkan menemukan kapal ikan tersebut dalam posisi terbalik dan terlihat anak buah kapal meminta pertolongan. Selanjutnya, pada pukul 17.00 Wita diperoleh informasi yang menyebutkan tiga orang ditemukan selamat dan satu orang ditemukan meninggal.

Baca juga: BI Lepas Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat ke Lima Pulau Terluar NTT

Tiga ABK yang selamat selanjutnya dibawa ke Australia untuk memperoleh pertolongan medis yakni Melki Giri, Habel Kanuk, dan Riki Balu. Sedangkan korban tewas belum dilaporkan identitasnya. Adapun korban tewas dan korban hilang yakni Yohanis Balu (nakhoda), Ibrahim Loe, Pice Naluk, Denis Busu, Yunus Modok I, Panji Balu, Benyamin Pah, Adi Arbet Giri, dan Rifan Balu. (OL-14)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya