Senin 14 Maret 2022, 20:50 WIB

Hujan Intensitas Tinggi Munculkan Banjir di Kota Malang

Mediaindonesia.com | Nusantara
Hujan Intensitas Tinggi Munculkan Banjir di Kota Malang

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

HUJAN dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kota Malang, Jawa Timur, pada Senin (14/3), selama kurang lebih tiga jam. Ini menyebabkan banjir di berbagai titik di wilayah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Alie Mulyanto, saat dikonfirmasi, di Kota Malang, Senin, mengatakan bahwa titik-titik banjir terjadi merata di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. "Titik banjir hampir merata di seluruh kecamatan yang ada di Kota Malang," kata Alie. 

Alie menjelaskan banjir tersebut disebabkan hujan yang sangat deras dengan durasi yang cukup lama. Hal tersebut membuat sistem drainase yang ada di sejumlah titik di wilayah Kota Malang tidak mampu menampung aliran air hujan. Akibatnya, air hujan meluap dan menggenangi sejumlah wilayah. 

Ia menambahkan sesungguhnya sistem drainase yang ada di sejumlah titik tersebut sudah dibersihkan dan tidak ada sumbatan. "Untuk drainase sebenarnya tidak ada sumbatan. Namun, hujan sangat deras dan durasi waktunya cukup lama," ujarnya. 

Salah seorang pemilik kafe yang ada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kecamatan Klojen, Albertus Karuniata, saat dihubungi mengatakan bahwa hujan deras kali ini menyebabkan genangan air yang cukup tinggi di kawasan itu. Ia mengatakan beberapa kali di tempat usahanya itu terjadi luapan air pada saat hujan deras, tetapi tidak pernah setinggi kali ini. Tinggi air yang menggenangi area tersebut diperkirakan mencapai 30 sentimeter hingga 40 sentimeter. "Untuk saat ini kondisi sudah aman, air sudah surut. Namun, pada saat hujan deras tadi, air cukup tinggi," katanya.

Wilayah Kota Malang diguyur hujan deras mulai pukul 15.30 WIB disertai petir. Hujan mulai mereda kurang lebih pada pukul 18.00. Hujan deras dengan durasi yang cukup lama tersebut menyebabkan banyak titik di wilayah Kota Malang banjir. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, salah satu titik banjir terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Banjir yang meluap ke jalan protokol tersebut menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas sehingga terjadi kemacetan yang cukup panjang. Pada saat hujan mereda dan banjir mulai surut, arus kendaraan mulai bisa kembali bergerak. Banjir juga dilaporkan terjadi di kawasan Jalan Trunojoyo, Kecamatan Klojen, kawasan Sulfat, Kecamatan Blimbing, Jalan Raya Langsep, Kecamatan Klojen dan Jalan Letjen Sutoyo, Kecamatan Lowokwaru. 

Baca juga: Klaten Rawan Bencana, BPBD Bentuk Desa Tangguh Bencana

Di wilayah Kabupaten Malang, BPBD Kabupaten Malang melaporkan angin kencang yang menyebabkan puluhan rumah di Kecamatan Pakis mengalami kerusakan. Selain itu dilaporkan tanah longsor dan beberapa pohon tumbang. (Ant/OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Petugas Lapas Semarang Gagalkan Penyelundupan Pil Koplo Yang Disembunyikan Di Vagina

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:09 WIB
AKSI nekat dilakukan seorang perempuan yang berusaha menyelundupkan 396 butir pil koplo ke Lapas Kelas 1 Semarang, Jawa...
MI/M Yakub

Pemkab Lamongan Anggarkan Rp7,53 Miliar Untuk Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa

👤M Yakub 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:55 WIB
PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur tahun ini menyiapkan Rp7,53 miliar yang diambil dari APBD untuk beasiswa ...
MI/Benny Bastiandy

Harga Cabai Merah Keriting Di Tingkat Petani Di Cianjur Anjlok

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:46 WIB
HARGA jual cabai merah keriting di tingkat petani di Blok Ciguntur, Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya