Selasa 01 Maret 2022, 19:25 WIB

Pengadilan Negeri Kotamobagu Kabulkan Gugatan PT Rukun Jaya Mandiri

Voucke Lontaan | Nusantara
Pengadilan Negeri Kotamobagu Kabulkan Gugatan PT Rukun Jaya Mandiri

ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Pekerja tengah memperbaiki lampu penerangan jalan umum di Sulawesi Tengah

 

 

PELAJARAN besar didapat Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, dalam mengawal administrasi pembangunan. Mereka diperkarakan rekanan PT Rukun Jaya Mandiri ke pengadilan negeri.

Setelah beberapa kali bersidang, Hakim Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu, mengabulkan gugatan PT Rukun Jaya Mandiri (RJM). Tergugat Pemkab Bolaang Mongondow, diwajibkan membayar kerugian perusahaan yang telah melakukan pemasangan lampu penerangan jalan dengan tenaga matahari (solar cell) di 26 desa.

Sidang perkara ini dipimpin Hakim Junita Beatrix. "Surat perjanjian antara PT RJM dan pihak Sangadi, sah di mata hukum. PN Kota Kotamobagu mengabulkan gugatan yang diajukan PT RJM," ujar Junita.

Dalam sidang tersebut, hakim merinci biaya yang harus dibayar pihak tergugat ke PT RJM, baik  kerugian materiil, sesuai surat perjanjian dan nota pemesanan, serta kerugian inmateriil dengan perhitungan jumlah yang belum dibayarkan dikali 3,5% selama dua tahun.

Kuasa Hukum PT RJM, Ricci dan Janaek Situmeang, mengatakan, sejak awal pihaknya menduga dari hasil sidang-sidang sebelumnya, mereka optimistis akan menang. Pasalnya, dari keterangan saksi-saksi jelas menguntungkan perusahan. Apalagi, dari seluruh proses persidangan tidak satupun saksi dari tergugat hadir.

"Dari awal kami optimistis bisa menang dalam perkara ini, sebab saksi dan bukti kami dalam persidangan telah sangat jelas. Ditambah lagi dari pihak tergugat yang seharusnya mendatangkan saksi, justru tidak ada, yang ada malah dari turut tergugat," ujar Ricci.

Apalagi, kata dia, pada dasarnya sidang gugatan sederhana ini tidak ada upaya hukum seperti banding, kasasi atau peninjauan kembali.

"Dari 26 desa yang lalai akan kewajibannya, kami baru ajukan gugatan 5 Desa. Untuk 21 Desa lainnya tolong bayarkan kewajiban mereka sebelum kami ajukan gugatan. Dalam perkara ini jelas pihak perusahan merasa sangat dirugikan secara materiil dan immateriil," tambah Ricci.

Terkait putusan PN Kota Kotamobagu, pihak tergugat yakni Pemkab Bolmong, melalui Asisten 1 Deker Rompas mengatakan pihaknya akan berkordinasi kembali dengan kuasa hukum terkait upaya hukum selanjutnya.

"Apakah akan ada upaya hukum kembali, kita lihat saja nanti," ungkap Deker, sambil bergegas meninggalkan PN Kota Kotamobagu. (N-2)

Baca Juga

Dok YPA-MDR

Keren, Siswa SD di Yogyakarta Hasilkan Batik Tulis Bermotif Srikaya Selama Tiga Bulan!

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 23:30 WIB
Komunitas Pembatik Cilik dikembangkan di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul,...
Ist

Tahun Depan Blora Dapat DBH Migas Sebesar Rp160 Miliar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 23:08 WIB
PERJUANGAN panjang Kabupaten Blora, Jawa Tengah untuk mendapatkan porsi dana bagi hasil (DBH) migas akhirnya membuahkan...
MI/Bagus Suryo

Kisruh Legalitas Kepengurusan Landa PMI Kota Malang

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:45 WIB
PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, Jawa Timur, kisruh karena mantan pengurus yang mengatasnamakan Tim Tujuh malayangkan protes atas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya