Sabtu 05 Februari 2022, 14:38 WIB

Ribuan Ekor Ayam Dimusnahkan Karantina Pertanian Ende

Gabriel Langga | Nusantara
Ribuan Ekor Ayam Dimusnahkan Karantina Pertanian Ende

Humas Karantina Pertanian Ende
Pemusnahan ayam

 

KARANTINA Pertanian Ende, Nusa Tenggara Timur, memusnahkan ribuan ayam guna menekan laju penyebaran hama penyakit.

Dokter Hewan Karantina Pertanian Ende Endah Ismiati kepada mediaindonesia.com, Sabtu (5/2), menjelaskan, tindakan pemusnahan ini dilakukan pada komoditas pertanian hasil dari penahanan pada tanggal 29 Januari 2022 di Pelabuhan Ende. Komoditas tersebut berupa Day Old Chicken (DOC) sebanyak 1.000 ekor dan ayam umur dua minggu 20 ekor yang berasal dari Surabaya.

Menurut dia, tindakan pemusnahan dilakukan setelah tiga hari kerja pemilik tidak dapat melengkapi dokumen yang dipersyaratkan sesuai pasal 44 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

"Hari ini kami melakukan pemusnahan terhadap DOC dan ayam umur dua minggu dengan cara dibakar dalam insinerator, cara ini sesuai dengan pasal 47 bahwa tindakan pemusnahan dilaksanakan dengan cara dibakar, dihancurkan, dikubur dan atau cara pemusnahan lain sehingga media pembawa tidak mungkin lagi menjadi sumber penyebaran hama penyakit," ujar Endah.

Baca juga:  Banjir Rusak Infrastruktur Jaringan Air, Warga Ende Terancam Krisis Air Bersih

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Ende Kostan menyampaikan tindakan pemusnahan yang dilakukan ini merupakan yang pertama di tahun 2022.

"Hal ini dapat menjadi bukti bahwa Pejabat Karantina Pertanian Ende profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk melindungi Pulau Flores dan Lembata dari ancaman penyebaran hama penyakit," ungkap Kostan.

Selain kegiatan pemusnahan komoditas pertanian hasil penahanan, dilakukan juga pemusnahan terhadap sampel arsip Laboratorium Karantina Tumbuhan dengan periode simpan selama enam bulan yakni bulan Juli-Desember 2021.

Hadir dalam kegiatan sebagai saksi yaitu dari pihak PT Pelindo Ende, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Laut (KP3L) Ende, Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ende serta dari pihak TNI AL.(OL-5)
 

Baca Juga

DOK MI.

Seorang Anak di Cianjur Meninggal dengan Indikasi Suspek Difteri

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 25 September 2022, 14:45 WIB
Seorang anak warga Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia, dengan indikasi suspek...
DOK Tagana Pamijahan.

Jalan Utama Kecamatan Bantarkalong Menuju Culamega Tertutup Longsor

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 September 2022, 14:30 WIB
Kepala Desa Pamijahan, Bantarkalong, Ipin Aripin, mengatakan hujan deras yang terjadi semalam menyebabkan suatu tebing longsor menimbun...
Ist

Finis Friendship Run Medan, Ganjar Terima Kalungan Kain Ulos dari Warga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 13:39 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tersenyum lebar sembari mengangkat kain ulos saat memasuki garis finis Bank Jateng Friendship Run...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya