Selasa 30 November 2021, 17:20 WIB

Antisipasi Omicron, Pemprov Sumsel Perketat Pintu Masuk

Dwi Apriani | Nusantara
Antisipasi Omicron, Pemprov Sumsel Perketat Pintu Masuk

DOK MI
Ilustrasi

 

SEBAGAI antisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meminta instansi terkait untuk memperketat pintu masuk ke wilayahnya. Terutama untuk otoritas pelabuhan agar memperketat skrining bagi pendatang dari luar negeri yang melewati pintu masuk pelabuhan.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel Yusri, Senin mengatakan, petugas perhubungan laut harus memeriksa dengan cermat berkas hasil tes usap setiap pendatang mancanegara khususnya mereka dari Afrika.

"Cegah tangkal di pintu masuk negara terutama bagi yang datang dari negara terjangkit yaitu Afrika. Periksa secara seksama hasil tes usap mereka, bila meragukan cek ulang dan laksanakan karantina," ujarnya, Selasa (30/11).

Menurutnya, Afrika merupakan tempat pertama yang mengumumkan adanya pasien terpapar Covid-19 varian Omicron tersebut. "Kami minta masyarakat tidak perlu panik. Kuncinya waspada dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan bila yang belum di vaksin segeralah mendaftarkan diri ke pelayanan kesehatan," ujarnya.

Epidemiolog Universitas Sriwijaya Iche Andriani Libery menyebutkan studi masih terus dilakukan mengenai varian Omicron. Menurutnya, selain meminimalisir adanya penularan varian baru tersebut, pemerintah diharapkan tetap mengoptimalisasikan upaya tracing dan testing lalu penguatan karantina bagi yang terpapar Covid-19.

Misalnya setiap ditemukannya kasus konfirmasi baru penelusuran semua kontak lalu pengetesan semaksimal mungkin dilakukan sesuai jumlah minimal WHO. Lalu mempersiapkan skenario peningkatan kapasitas layanan kesehatan jika terjadi lonjakan kasus yang tentu tidak dinginkan.

"Pemeriksaan WGS (Whole Genome Sequencing) juga harus diprioritaskan agar semakin intensif, agresif dan masif untuk mendeteksi risiko masuknya varian Covid-19," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

Dok.MI

Polrestabes Medan Ungkap Kasus Pencabulan Anak Kandung

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:00 WIB
Hasil interogasi, pelaku mengaku melakukan pencabulan sejak Desember 2021 dengan cara mengancam korban untuk memperlancar aksinya...
MI/Apul Iskandar

Wali Kota Tebing Tinggi Raih Penghargaan dari OJK

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:44 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi itu menjadi satu-satunya kepala daerah dari 514 daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan...
MI/PALCE AMALO

Pembangunan Jembatan Naen di Timor Tengah Utara Rampung 90%

👤Palce Amalo 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:23 WIB
Sebelumnya, warga di daerah itu memprotes pemerintah daerah karena menilai pembangunan jembatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya