Jumat 15 Oktober 2021, 20:29 WIB

Pemkab Tangerang Galakkan Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pemkab Tangerang Galakkan Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai

DOK Pemkab Tangerang.
Ahmed Zaki Iskandar.

 

KABUPATEN Tangerang baru saja merayakan hari jadi ke-389 pada 13 Oktober 2021. Di usia yang hampir 4 abad tersebut, berbagai kemajuan telah ditorehkan, mengubah wajah Kabupaten Tangerang menjadi lebih dinamis, maju, disertai dengan kehidupan masyarakatnya yang semakin sejahtera.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, usia ke-389 tahun merupakan usia yang cukup produktif dalam pembangunan daerah ke arah yang lebih baik. Dengan wilayah yang terluas secara geografis dan terbanyak jumlah penduduknya di Provinsi Banten, Kabupaten Tangerang terkenal dengan julukan keren yaitu 1.001 industri. 

"Dalam lima tahun terakhir, jumlah investor besar yang datang ke Kabupaten Tangerang terus meningkat. Hal ini membuat Kabupaten Tangerang memiliki PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang sangat tinggi se-Provinsi Banten," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (15/10).

Dengan PAD yang tinggi, Zaki mengusung konsep pembangunan yang merata di seluruh aspek kehidupan. Tak hanya menata dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sentra-sentra bisnis, industri, kuliner maupun lainnya, pihaknya juga menata kawasan pemukiman, dari perkotaan hingga pesisir. "Semua dilakukan secara terintegrasi, dan bersama-sama," ujarnya.

Salah satu implementasinya dituangkan melalui program unggulan berupa Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) yang masuk dalam RPJMD dan telah direvitaslisasi untuk periode 2019-2023. Program ini difokuskan untuk penataan kawasan pesisir di Kabupaten Tangerang. 

Program Gerbang Mapan yang sudah dilaksanakan setidaknya meliputi program budi daya perikanan, program rehabilitasi mangrove, program air bersih, program pengolahan produk ikan, hingga perbaikan irigasi dan saluran tambak, termasuk perbaikan embung air. "Gerbang Mapan menjadi momentum kebangkitan upaya pemulihan ekomoni masyarakat pesisir sekaligus penataan kawasan pemukiman pesisir mulai dari bangunan, sanitasi, hingga infrastruktur," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin memaparkan bahwa ada lima desa pesisir di lima Kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan program Gerbang Mapan. Desa-desa tersebut antara lain Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga, Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Desa Patra Manggala Kecamatan Kemiri, Desa Surya Bahari Kecamatan Sukadiri, dan Desa Kronjo Kecamatan Kronjo. "Masing-masing desa memiliki ciri khas keunggulan yang akan kami kembangkan sehingga akan tercapai target dari program Gerbang Mapan menuju pesisir sejahtera hingga 2023," ujarnya.

Bertepatan dengan perayaan HUT Kabupaten Tangerang, Zaki meresmikan Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk. Di kawasan ini, sejak 2019 telah dilaksanakan pemberdayaan masyarakat, pembangunan layak huni bagi nelayan dan warga sekitar, kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budi daya udang vaname dan ikan, kawasan wisata, pengembangan dan pelatihan bagi nelayan dan warga sekitar, pengembangan ekowisata dan ekonomi kreatif.

"Di Ketapang programnya lengkap dan bervariasi. Mudah mudahan ini menjadi percontohan dari program Gerbang Mapan secara keseluruhan yang dilaksanakan di empat desa lain. Jadi masyarakat bisa memanfaatkan banyak hal dari pembangunan di Ketapang ini," tegasnya.

Untuk desa lain, misal Desa Tanjung Pasir akan dikembangkan Tangerang Mangrove Center, tambak kolam pancing, tambak wanamina, dan revitalisasi TPI. Di Desa Suryabahari, ada pengembangan wisata kuliner, ruang pertemuan serbaguna, serta pasar bersih ikan asin dan seafood segar.

Selanjutnya Desa Patra Manggala terdapat pengembangan eko wisata, tambak wanamina, mangrove nursery, dan kuliner produk bandeng. Terakhir, Desa Kronjo ada sate bandeng, produk nugget, tambak wanamina, dan revitalisasi TPI.

Baca juga: Gerakkan Sobo Pasar Rakyat Andalan Kota Malang Bangkitkan Perekonomian

"Masih ada satu tahun lagi untuk pelaksanaan program Gerbang Mapan terutama pengembangan pusat-pusat perekonomian serta kawasan perumahan dan permukiman. Nanti dibangun juga pasar ikan, tempat kuliner, dan pengembangan koperasi-koperasi yang sudah beroperasi," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Karyawan Bandara Ngurah Rai Ikuti Vaksinasi Dosis Booster

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 20:55 WIB
KARYAWAN PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, Sabtu (22/1) menerima vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (dosis...
ANTARA

Ratusan Hektare Padi Siap Panen di Bojonegoro Terancam Tenggelam

👤M Yakub 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 20:45 WIB
TANGGUL Kali Ingas di Desa Kedungprimpen Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, jebol sepanjang 10 meder dengan lebar 3 meter,...
MI/Heri Susetyo

Dua PMI Dari Malaysia Positif Covid-19

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 20:20 WIB
DUA dari 129 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur dari Malaysia, Sabtu (22/1) diketahui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya