Selasa 14 September 2021, 19:44 WIB

Brebes PPKM Level 4, Bupati Sebut Ada Kesalahan Data

Supardji Rasban | Nusantara
Brebes PPKM Level 4, Bupati Sebut Ada Kesalahan Data

MI/Supardji Rasban
Bupati Brebes, Jawa Tengah, Idza Priyanti (kerudung merah) saat menyaksikan ibu hamil disuntik vaksin Covid-19.

 

DISEBUTNYA Kabupaten Brebes menjadi satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang masuk dalam PPKM level 4, mendapat reaksi dari Bupati Brebes, Idza Priyanti. Bupati menyatakan jika kenaikan kategori lewel 4 itu karena ada kesalahan administrasi yakni dalam pelaporan terkait data kasus Covid-19.

"Secara riil di lapangan, hari ini Kabupaten Brebes masih pada level 3 PPKM Jawa-Bali. Ada kesalahan teknis dalam input data kasus Covid-19, diantaranya data pasien meninggal dunia, pasien dalam perawatan, pasien sembuh hingga capaian vaksinasi," ujar Idza di pendopo rumah dinas bupati, Selasa (14/9).

Idza mengaku pihaknya segera melakukan klarifikasi dan validasi data terkait Instruksi Mendagri (Inmendagri) No. 42 Tahun 2021 yang mulai berlaku Selasa (14/9). Kesalahan dalam input entri data ini segera kita validasi. Kita panggil direktur 14 RS negeri dan swasta bersama petugas entri data untuk klarifikasi. Jika ada kesalahan saat entri, kalau memang perlu, kita berikan sanksi," tegas Idza.

Bupati menjelaskan kesalahan administrasi teknis entri data sudah dilaporkan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi ke Kemendagri. "Pak gubernur juga sudah kita jelaskan bagaimana kondisi riil di lapangan. Sampai hari ini saja, keterisian bed di RS yang ada pasien Covid-19 hanya 5 persen," ucap Idza.

Dikatakan dalam laporan, yang masuk ke sistem 90 kasus lebih. Untuk pasien meninggal saja sepekan belakangan 4 orang. Di dalam data input
sistem lebih dari 80 pasien. Data yang terinput itu, ternyata akumulasi Juni, Juli sampai Agustus atau delay data," tuturnya.

Idza menambahkan sampai saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Brebes 45 orang. Namun di dalam laporan entry data 152 orang. Bupati juga memastikan secara riil kategori level 3 masih diberlakukan termasuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan kegiatan yang lainya sesuai aturan PPKM. Masih sama, PTM masih diberlakukan sesuai aturan kategori level 3. Termasuk kebijakan lainnya," tandasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

AFP/SONNY TUMBELAKA

Tarik Wisatawan di Bali dengan Pesawat Bekas

👤Febby Saraswati 🕔Jumat 17 September 2021, 12:10 WIB
Lebih dari belasan pekerja menggunakan derek untuk merakit bagian-bagian dari Boeing 737 di tebing dekat pantai Nyang Nyang, pekan...
MI/Dok IDI Papua

IDI Papua Serukan Perlindungan terhadap Tenaga Kesehatan Medis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 17 September 2021, 10:18 WIB
"Kami juga berharap kejadian serupa tidak lagi berulang sehingga tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan dengan tenang tanpa ada...
MI/Tiyok

Korupsi Dana Covid, Polisi Tahan Bupati Mamberamo Raya

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 17 September 2021, 10:11 WIB
Penahanan dilakukan pasca penetapan sebagai tersangka sejak Juni lalu oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya