Jumat 25 Juni 2021, 02:00 WIB

Dinkes Padang Minta Tes Antigen Liar Ditertibkan

Yose Hendra | Nusantara
Dinkes Padang Minta Tes Antigen Liar Ditertibkan

dok.mi
Ilustrasi tes antigen

 

MARAKNYA tempat pelayanan rapid tes Antigen di Kota Padang, Sumatra Barat mendapat perhatian dari Dinas Kesehatan Kota Padang.

Layanan tes cepat ini memang banyak digunakan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan antardaerah, khususnya yang menggunakan transportasi udara.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani, tempat pelayanan Rapid Tes Antigen harus difasilitas secara resmi seperti klinik dan tidak memerlukan izin khusus karena masuk ke dalam tanggung jawab izin operasional fasilitas kesehatan tersebut.

Sedangkan yang berada di luar fasilitas kesehatan harus memenuhi syarat, seperti memiliki sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan ketentuan, memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta memilik pengelolaan limbah medis.

"Kita sudah mengunjungi tempat layanan tes cepat yang berada di luar fasilitas kesehatan, ternyata tidak memenuhi persyaratan," ujar Kepala DKK Feri Mulyani saat dihubungi, Kamis (24/6).

Dikhawatirkan karena tidak memenuhi persyaratan, maka hasil dari tes cepat tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan (tidak valid), sehingga juga bisa berpotensi menambah penularan Covid-19.

Untuk itu Feri Mulyani meminta aparat kepolisian dapat segera melakukan penindakan terhadap tempat-tempat pelayanan Rapid tes Antigen yang tidak memiliki izin tersebut. (OL-13)

Baca Juga: Jumlah Kasus Covid-19 Di DIY Melonjak

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Tebing Tinggi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya 

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 30 Juli 2021, 12:12 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi  Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan ucapan terimakasih atas capaian yang diraih dengan tetap bersinergi dan...
Antara

Kalsel Percepat Penyaluran Bantuan Beras PPKM

👤Denny Susanto A 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:50 WIB
PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA meminta kepada Perum Bulog dan PT Pos Indonesia untuk mempercepat penyaluran bantuan...
MI/Agus Utantoro

Pemprov DIY Siapkan Rp50 juta/Kelurahan untuk Tangani Covid-19

👤Ardi T Hardi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:20 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyatakan, pihaknya saat ini masih melakukan refocusing untuk penggunaan Danais dan direncanakan setiap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya