Selasa 15 Juni 2021, 21:55 WIB

Terapkan PPKM Mikro Jilid 5, Sumsel Ketatkan Operasi Yustisi

Dwi Apriani | Nusantara
Terapkan PPKM Mikro Jilid 5, Sumsel Ketatkan Operasi Yustisi

ANTARA
Ilustrasi pelanggar prokes jalani sidang

 

PEMERINTAH telah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro menjadi jilid kelima. Diberlakukan di semua daerah terhitung 15-28 Juni mendatang.

Plh Sekretaris Daerah, Akhmad Najib mengatakan, PPKM skala mikro ini juga akan diberlakukan di semua Kabupaten/kota. Maka dari itu, meminta kepada setiap bupati dan wali kota untuk dapat mestikan PPKM berjalan efektif.

"Meskipun Sumsel tidak masuk wilayah yang ditekankan Presiden dalam hal penanganan Covid-19. Namun bukan berarti kita tidak menjalankan PPKM ini. Seluruh daerah untuk tetap mengedapankan langkah-langkah konkret didalam pencegahan," kata Najib, Selasa (15/6).

Ia pun memastikan, disamping  memasifkan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat. Pemerintah pun tetap memberlakukan operasi yustisi penegakan kepatuhan prokes. Sesuai dengan aturan yang ditetapkan selama PPKM skala mikro.

"Kita tidak mau seperti di yang terjadi di daerah Kudus, Jatim. Khususnya kota Palembang, meski sudah lebih baik pencegahannya. Operasi yustisi yang dilakukan satgas Covid-19 tetap diberlakukan," ujarnya.

Najib membenarkan, pihaknya mendapatkan keluhan dari pelaku-pelaku usaha atau komunitas lainnya yang keberatan adanya pembatasan jam operasional selama PPKM, yakni harus tutup pukul 21.00 WIB. Namun, ia menggarisbawahi kalau kebijakan tersebut sebagai komitmen pemerintah untuk menjaga masyarakat terhindar dari persebaran Covid-19 sekaligus, menjaga agar roda perekonomian tetap berjalan.

"Keselamatan itu segalanya. Dengan catatan kita disiplin. Saat ini lebih baik sabar dan sekaligus sadar. Kalau kita lengah Covid-19 akan merebak lagi dan bila sudah parah sulit untuk dikendalikan. Partisipasi masyarakat sangat diharapkan. Ini kepentingan kita bersama," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Fikri Ali

Pemprov Gorontalo Dorong Petani Budidayakan Porang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 22:15 WIB
 Jenis tanaman umbi sebagai sumber karbohidrat dan energi yang sehat pengganti...
AFP/Nhac Nguyen.

Sumsel Terima Vaksin Moderna untuk Vaksinasi Ketiga Tenaga Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:44 WIB
Menurutnya, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19 membutuhkan imunitas yang...
MI/Agus Utantoro.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Kehabisan Vaksin Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:30 WIB
Kasus covid-19 di Kabupaten Sleman saat ini masih fluktuatif. Bahkan, ujarnya, dalam tiga hari terakhir masih mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya