Selasa 20 April 2021, 10:31 WIB

Unika Santu Paulus Ruteng Bantu Korban Banjir Bandang

Mediaindonesia.com | Nusantara
Unika Santu Paulus Ruteng Bantu Korban Banjir Bandang

Dok Istimewa
Bantuan dari Unika Santu Paulus Ruteng untuk warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Ile Ape Timur, Lembata, NTT.

 

KORBAN bencana banjir bandang di Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur mendapat bantuan dari Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng. Penyaluran bantuan sudah dilaksanakan Minggu (18/4).

Kordinator tim, Dr. Marselus Ruben Payong mengatakan donasi bantuan berupa sembako dan lain-lain diberikan secara langsung ke tangan para korban terdampak baik di pengungsian mandiri hingga di perkebunan yang juga dijadikan tempat mengungsi.

"Kami dari Unika Santu Paulus Ruteng datang untuk membagi kasih dan menghibur para korban dengan kehadiran kami. Tim kami siap terjun ke tempat-tempat pengungsian mandiri untuk bertemu dan memberi bantuan secara langsung kepada sesama yang terdampak bencana khususnya yang kehilangan rumah dan anggota keluarga. Sehingga harapan keluarga besar Unika Santu Paulus Ruteng tercapai secara tepat guna dan tepat sasaran," kata Marselus Ruben juga Wakil Rektor II Unika Santu Paulus Ruteng.

Tim Unika Santu Paulus bersama para alumni APK dan STKIP (sekarang Unika)  Santu Paulus Ruteng terjun ke tempat-tempat pengungsian mandiri, yakni pondok-pondok yang berada di kebun-kebun milik keluarga mereka. Distribusi bantuan gelombang pertama diberikan kepada para korban warga Desa Waowala. Mereka terpaksa engungsi di pondok-pondok kebun dan rumah milik keluarga karena merea kehilangan rumah akibat banjir bandang yang terjadi  Minggu (4/4/) lalu.

Polikarpus Payong, seorang anggota tim Unika Santu Paulus Ruteng mengungkapkan warga terdampak bencana dari Desa Waowala mengungsi di tempat-tempat keluarga.

"Masyarakat umumnya tinggal di pondok-pondok kebun dan rumah bersama keluarga mereka. Kita akan menyusuri kebun-kebun untuk menemui mereka," kata Polikarpus yang berprofesi sebagai dosen dan berasal Desa Waowala.

Ludwina Tulit salah satu penerima bantuan tidak kuasa menahan haru dan berterima kasih adanya bantuan dari Unika Santu Paulus Ruteng.

"Saya dan keluarga ucapkan terima kasih buat keluarga besar Unika Santu Paulus Ruteng yang datang jauh-jauh dari Ruteng hanya untuk mau bertemu kami. Kami sungguh dihibur dan dikuatkan," kata Ludwina yang kehilangan anaknya akibat banjir bandang.

Hal senada diungkapkan Wilhelmina Boi. Ia senang mendapat bantuan dan perhatian dari Unika Santu Paulus. Tim Unika telah memberi bantuan kepada 45 keluarga korban bencana yang tidak memiliki rumah dan kehilangan anggota keluarga. Tim terus mendata keluarga-keluarga yang terdampak langsung yakni mereka yang kehilangan tempat tinggal dan anggota keluarga. Setelah Desa Waowala, tim Unika akan membagikan bantuan kepada korban dari Desa Lewotolok. (OL-3)

 

 

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Walikota Medan Jadi Saksi Pengukuhan BEM Nusantara Korda Sumut 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmadja 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 23:15 WIB
Walikota Medan, Bobby Nasution, berharap mahasiswa aktif dalam membantu penanganan covid-19, sehingga diharapkan dapat mempercepat...
MI/Yose Hendra

Morula IVF Padang, Solusi Bagi Pasangan Yang Belum Miliki Buah Hati

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 22:30 WIB
Program IVF di Indonesia semakin diminati pasangan yang tak kunjung memiliki buah hati, termasuk juga di Padang dan sekitar provinsi...
Dok. DPD

Ketua DPD MInta Polri Usut Penembakan di Sumut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:45 WIB
"Secara pribadi, saya juga menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya rekan wartawan Saudara Marsalem Harahap. Semoga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya